Monday, January 26, 2015

Comro dan Misro

Oncom lagi temanya. Kali ini bikin comro dan misro. Uji coba aja sebenarnya, karena takut gagal. Comro singkatan dari oncom di jero, artinya oncom di dalam. Misro (amis di kero) artinya manis di dalam. Ah pasti sudah pada tahu ya kalau makanan ini khas daerah Jawa Barat. Saya jadi kangen kampung halaman nih. Biasanya di kampung, comro jadi teman makan surabi atau sebagai cemilan. Kalau misro, saya belum pernah makan di kampung. Justru pertamakali makan misro setelah ada di Tangerang kayanya. Ternyata sama-sama enak. Yang satu gurih berpadu dengan kejutan pedas, yang satu gurih berpadu dengan kejutan manis.

Saya browsing resep misro dan comro. Selain bahan utama singkong ada yang pakai bahan tambahan tepung aci, ada yang pakai telur, ada yang pakai kelapa parut. Jadi bingung kan? Eh ternyata di tukang sayur tepung aci nya ksoong, ya udah bismillah cobain pakai kelapa parut aja. Tapi bikinnya sedikit dulu. Mau tahu dulu sukses atau nggak.


Ini resep comro dan misro ala saya.

Bahan comro:
  • Singkong parut
  • Kelapa parut
  • Garam
  • Gula pasir
  • Daun bawang
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Oncom
  • Cabe
Cara membuat Comro:
  1. Campur singkong dan kelapa parut. Kalau saya, perbandingannya 4 sendok singkong parut dengan 1 sendok kelapa parut.
  2. Tambahkan daun bawang dan garam.
  3. Sementara itu, tumis bawang merah, bawang putih, cabe sampai harum.
  4. Masukkan oncom ke dalam tumisan. Tambahkan gula pasir dan garam.
  5. Ambil adonan singkong, pipihkan, isi dengan tumisan oncom, tutup adonan. Begituu seterusnya. lalu goreng sampai kekuningan.
Bahan misro:
  • Singkong parut
  • Kelapa parut
  • Garam
  • Gula merah
Cara membuat misro:
  1. Campur singkong dan kelapa parut, perbandingannya sama dengan di atas.
  2. Tambahkan garam.
  3. Ambil adonan singkong, pipihkan, isi dengan gula merah yang sudah dipotong-potong, tutup adonan. lalu goreng sampai kekuningan.
Ternyata....aman-aman saja. Sukses, menurut saya hihi. yang kurang, saya buatnya kurang besar dan kurang pedas comronya. Hujan-hujan begini, minum kopi hangat plus comro atau misro. Nikmaaaaat. Selamat mencoba.
Misro ala saya^^

8 comments:

  1. kaalu saya lebih suka comro mbak daripada misro,hehehe terimaksih ya tipsnya :)

    ReplyDelete
  2. Sampai sekarang belum pernah buat comro...padahal mudah ya mba..he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah banget ternyata, saya juga awalnya takut gagal ternyata langsung sukses

      Delete
  3. 2 panganan fav saya. saya suka kalau combronya diselipin rawit didalamnya. jadi pas digigit, ada pelurunya :D

    ReplyDelete
  4. Ooo amis itu artinya manis ya :)
    Belum pernah makan comro apalagi misro..gatau kalo beli oncom di mana
    heheheh ( saya di malang)
    Keripik oncom enakk

    ReplyDelete
  5. Klo d tmptku misro itu namanya glontho... mammpir jg k blog aku ya www.gembulnita.blogspot.com...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...