Monday, May 29, 2017

5 Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Hal yang paling dinanti oleh umat Islam yang sedang berpuasa adalah waktu berbuka puasa. Pada saat itu, mereka bergembira karena sudah bisa menahan diri dari hawa nafsu sampai waktu yang ditentukan. Kegembiraan ini disinggung oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam salah satu hadistnya yang berbunyi:

Orang yang berpuasa itu akan mendapat dua kegembiraan yang pertama gembira ketika berbuka, dan yang kedua gembira ketika berjumpa dengan Tuhannya di kemudian hari nanti”.
Rasulullah SAW mencontohkan berbuka dengan yang manis yaitu dengan mengonsumsi kurma yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Namun kebiasaan di masyarakat kita lebih banyak yang berbuka puasa dengan selain kurma, biasanya berupa minuman segar.  Hal ini dikarenakan kurma masih tergolong makanan mahal. Contohnya saja, untuk 300 gram kurma hitam dihargai 25 ribu rupiah. Dengan harga yang sama, kita bisa membeli sebotol sirup dan beberapa buah untuk disantap lebih banyak orang.

Jadi, solusinya adalah dengan melakukan selang-seling menu berbuka puasa. Hari kemarin berbuka dengan kurma, dan besok-besok dengan menu minuman segar. Minuman segar biasanya dipilih untuk berbuka puasa karena bisa membuat badan kembali segar setelah seharian letih berpuasa. Berikut ini adalah beberapa minuman segar yang bisa kita sajikan saat berbuka puasa.

1.       Sup buah

resep es buah

Sup buah dikenal juga dengan nama es buah. Dulu, saat saya kuliah di Bandung banyak sekali penjual sup buah di pinggir Jalan Dago. Awalnya saya kira ini jenis jajanan baru, ternyata hanya nama lain dari es buah.

Kita bisa kita membuat sup buah sendiri di rumah karena cukup mudah. Sediakan saja buah-buahan yang kita suka seperti papaya, melon, mangga, nanas dan yang lainnya. Potong-potong buah tersebut, lalu masukkan air gula (putih) yang sudah didinginkan. Masukkan sirup dan susu kental manis, sup buah pun siap disantap untuk berbuka puasa. Bisa juga ditambahkan bahan lain seperti kolang-kaling atau nata de coco. Jika ingin minuman lebih segar, bisa dimasukkan ke kulkas sebelum disantap atau ditambahkan es batu.

Untuk menghindari dampak buruk dari mengonsumsi makanan manis, kita bisa mengupayakan agar sup buah tidak terlalu manis karena semua yang berlebihan bisa berdampak kurang bagus untuk tubuh. Atau, menggunakan gula khusus untuk anti diabetes dan sirup yang menggunakan gula asli.

2.       Koktail buah

koktail buah
pixabay.com

Sebenarnya, minuman ini mirip dengan es buah. Hanya saja, biasanya tidak memakai susu. Dalam membuat koktail buah, saya menggunakan resep ibu mertua. Bahan-bahannya yaitu buah seperti papaya, nanas, mangga, dan lainnya, serta air gula (putih) dan asam sitrun. Takarannya air gula dan asam sitrunnya harus pas sehingga menghasilkan minuman yang manis sedang dan segar. Kalau tidak pas, koktail buah akan terlalu manis atau terlalu asam.

3.       Es cendol

es cendol
pixabay.com

Kalau yang ini, saya biasanya beli yang sudah jadi. Di tukang sayur langganan atau di pasar, saat Bulan Ramadhan seperti sekarang biasanya banyak yang menjual cendol yang sudah dibungkus. Kita tinggal membut saus gula merahnya saja dengan cara merebus gula merah yang diberi sedikit garam dan daun pandan. Menyajikannya dengan cara menaruh cendol terlebih dahulu di dasar mangkuk atau gelas, lalu siram dengan saus gula merah dan santan siap saji yang bisa kita beli di minimarket. Taburkan irisan nangka jika suka dan es batu jika ingin lebih segar.

4.       Es kelapa muda

es kelapa muda
agrowindo.com
Membuat es kelapa muda sendiri di rumah juga cukup mudah kok, bahkan kadang tidak membutuhkan bahan lain. Kelapa muda dipetik dari pohon dan dibuka batoknya, lalu daging buahnya dikeruk. Saya biasanya menggunakan tutup botol minuman. Sajikan dengan air kelapanya dan tambahkan es batu jika ingin lebih segar. Jika ingin lebih manis, tinggal tambahkan air gula atau susu kental manis. As simple as that!

5.       Jus buah

jus buah

Jus buah selain menyehatkan dan menyegarkan, juga bisa dikreasikan dengan berbagai buah serta disesuaikan dengan buah yang sesuai musim. Misalnya saja jus mangga, papaya, jeruk, melon, nanas, semangka, dan sebagainya. jika bosan, bisa dikreasikan dengan cara dicampur menjadi jus nanas dan semangka, jus jeruk dan mangga, dan lain-lain. Tambakan es batu dan air gula (putih) jika suka.

Bagaimana dengan anda? Minuman segar apa yang biasanya disajikan untuk berbuka puasa. Share yuk di kolom komentar biar jadi inspirasi menu berbuka buat teman-teman yang lain.

7 comments:

  1. Wow...bener2 seger ngelihatnya mba, emang kalau puasa itu lebih terasa haus ketimbang laparnya. Saat berbuka pertama kali yang dicari pasti yang seger2....TFS ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pas buka bisa minum berkali-kali daripada makan :)

      Delete
  2. Kalau aku juga es buah campur yang bikin sendiri Mbak, kalau beli sudah pernah trus malah batuk. Kalau bikin sendiri, tarakan dan kualitas bahan makanannya kan terjaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, saya juga sreingnya buat sendiri kalo es buah

      Delete
  3. Untung aja mampir ke sini pas malem, jadi ga mupeng deh liatnya...
    Hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang-siang juga insyaalah kuat lahaa kan udah niat puasa hehe

      Delete
  4. Kalau aku sih the one and only air kelapa muda. Tanpa es dan tanpa gula karena sudah manis.. Es timun suri nomor 2 hrheheee

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...