Sunday, July 2, 2017

Mie Bakso Jamur

Entah kenapa, selepas lebaran banyak orang yang kangen sama hidangan bakso. Setidaknya, yang saya rasakan begitu. Di media sosial pun banyak orang yang menunggah foto atau status tentang hidangan ini. Mungkin, salah satu alasannya karena sudah bosan dengan menu lebaran seperti ketupat opor ayam, dan berbagai kue kering di rumah. Sehingga makanan seperti bakso yang biasa disantap di hari-hari biasa jadi dikangeni.

Hari kedua lebaran, saya sudah kembali berada di rumah setelah mudik. Kok cepat sekali mudiknya? Iya memang, karena saya biasanya mudiknya lebih awal jauh hari sebelum lebaran dan kembali pulang sesaat sebelum lebaran. Selain karena pekerjaan suami yang menuntut untuk pulang kembali cepat, juga untuk menghindari kemacetan di jalan raya saat arus mudik.


Di salah satu grup whatsapp yang saya ikuti, beberapa teman anggota grup mengunggah foto hidangan bakso ini dan sukses membuat saya kepengen berat. Sayangnya, saya tak sempat keluar rumah karena pekerjaan rumah menanti terutama cucian oleh-oleh mudik yang buanyak sekali. Untuk membeli bakso ke warung langganan saya harus naik angkot sekali. Itu pun kalau warungnya sudah buka. Kalau pemiliknya sedang mudik, saya harus muter-muter cari warung bakso yang sudah buka di hari kedua lebaran ini.

bakso kuah instan sapi so good


Untung sekali, rumah saya dekat dengan minimarket, tinggal jalan kaki. Seringkali anak saya pun diminta tolong membeli keperluan di rumah jika saya sedang tidak bisa keluar, karena saking dekatnya. Saya akhirnya membeli SO GOOD bakso kuah instan di minimarket dekat rumah untuk mengobati kangen sama hidangan bakso.

Di postingan sebelumnya, saya menulis tentang pengalaman saya membuat nasi tim jamur bakso buat anak menggunakan bakso kuah instan sapi SO GOOD. Nah, satu kemasan bakso kuah SO GOOD itu kan isinya delapan butir. Karena tidak dihabiskan semua oleh si kecil, saya pakai sisa baksonya untuk membuat hidangan untuk saya sendiri yaitu Mie Bakso Jamur.

Hidangan ini seperti mie bakso pada umumnya sih, hanya saja saya tambahkan beberapa bahan yang memang ada di rumah dan sayang jika tidak digunakan. Ini dia Mie Bakso Jamur ala saya.

Bahan-bahan:
·         1 bungkus bakso kuah instan sapi SO GOOD
·         1 ikat sayur sawi, potong-potong dan rebus sebentar saja atau siram dengan air mendidih juga sudah cukup.
·         1 bungkus jamur, rebus dan potong-potong. Biasanya di tukang sayur jamur tiram sudah dikemas per bungkus.
·         Mie apa saja yang sudah direbus, mie telur atau mie instan. Jika menggunakan mie instan, bumbunya tidak usah dipakai karena nakso SO GOOD sudah dilengkapi dengan bumbu.
·         Daun bawang secukupnya.
·         Saus sambal
·         Kecap manis
·         Keju parut

Cara membuatnya:

1.       Rebus air mendidih kira-kira dua gelas atau 400 ml, lalu masukkan bakso SO GOOD ke dalamnya dan masak selama 4 sampai 5 menit. Jangan lupa untuk memasukkan bumbu dan bubuk cabainya ke dalam rebusan bakso jika ingin bakso yang pedas. Kalau untuk anak, skip bubuk cabainya.
2.       Setelah bakso matang, taburkan bawang goreng dan daun bawang ke atasnya.
3.       Di mangkuk terpisah, masukkan mie. Taruh jamur rebus dan sayur sawi rebus di atasnya.
4.       Siram dengan bakso dan kuahnya.
5.       Tambahkan saus sambal dan kecap manis, juga keju parut.
6.       Hidangan Mie Bakso jamur sudah siap disantap.

bakso kuah instan sapi so good

Mudah kan membuatnya. Rasanya juga cukup enak, daging sapi di baksonya terasa. Apalagi ditambahkan bahan lain yang kita suka, makin mantap aja hidangan baksonya. Kangen sama hidangan bakso pun terobati berkat SO GOOD bakso kuah instan sapi yang saya beli di minimarket dekat rumah. Selamat mencoba!


7 comments:

  1. Disini, pedagang bakso panen rejeki Mbak. Hari pertama lebaranpun sudah ada yang buka dan ramainya kebangetan :).

    Tapi daripada antri panjang mending bikin sendiri ya

    ReplyDelete
  2. Wah... Boleh di coba nih.. Save ahhh

    ReplyDelete
  3. Wah praktis bgt ya, udah ada bumbunya segala.

    ReplyDelete
  4. Kalo aku karena udah bosen bersantan2 dan eneg.. Makanya bakso dengan kuahyg buanyak jadi berasa segeeerr...
    Aku agak trauma mbak buat beli begeto2an.. Pernah beli eeee kog ada aroma gak sedap geto, kayak udah basi.. Liat gambar baksonya malah jadi tergiur.. Aaarrggghhh...

    ReplyDelete
  5. Mie soto bakso juga enak nih mba pakai baso nya so good hehehe.. *jadi laper*

    ReplyDelete
  6. woww... ada kejunya, pasti raanya beda dari biasanya ya... :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...