Tuesday, April 10, 2018

Pisang Panggang dan Milkshake Berbahan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter




Pisang termasuk buah yang sering tersedia di rumah. Alasan yang pertama, pisang termasuk buah yang cukup murah. Satu sisir pisang uli yang bentukna kecil-kecil harganya Cuma sekitar tujuh ribu sampai sepuluh ribu rupiah saja. Ini yang sering saya beli untuk anak-anak dan biasanya habis dalam sehari atau dua hari. Ada juga sih pisang yang lebih mahal seperti pisang raja, pisan ambon, dan pisang nangka yang biasa dipakai untuk membuat kolak. Tapi biasanya satu sisir pisang raja seharga dua puluh lima ribu rupiah, bisa lebih dari dua hari habisnya karena anak-anak kurang suka pisang yang teksturnya padat seperti itu.

Alasan kedua kenapa kami menyediakan pisang di rumah, tentu saja karena manfaatnya. Saya pernah baca artikel di internet yang menyebutkan bahwa pisang adalah salah satu makanan yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi yang diderita suami saya. Hal ini karena kandungan kalium dan potassium dalam pisang bisa mengendalikan tekanan darah. Buah pisang mempunyai manfaat menyeimbangkan efek garam dan membuat fungsi organ ginjal meningkat karena kandungan mineralnya. Sedangkan untuk anak-anak yang berat badannya kurang, pisang sangat baik untuk menambah berat badan anak.

Beberapa hari yang lalu, saya membeli satu sisir pisang dari tukang pisang langganan karena anak saya ingin menyantap pisang goreng. Besok-besoknya, sisa pisang masih banyak dan saya berinisiatif membuat cemilan lain dari pisang yang juga disukai anak-anak yaitu pisang panggang atau pisang bakar. Eh, tapi saya ternyata tidak punya susu kental manis untuk sausnya. Bagaimana ini? Kan sayang pisangnya, mau dimakan begitu saja kok awet saja tidak ada yang menyentuh.

Prinsip memasak saya “bersenang-senang di dapur”, masak yang mudah dan jangan karena bahan makanan di rumah tidak lengkap lalu saya tidak jadi memasak. Saya pun berfikir keras dan terbersit ide untuk menggunakan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter yang ada di rumah untuk saus pisang panggangnya. Selai Skippy biasanya saya gunakan sebagai olesan roti. Tapi sekarang saya akan menggunakannya sebagai saus dari pisang panggang yang akan saya buat.

Pisang Panggang Saus Cokelat Kacang

skippy penaut butter

Bahan-bahannya:
  • Pisang
  • Mentega
  • Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter
  • Keju parut
Cara membuatnya:
  1. Pipihkan pisang supaya matangnya merata
  2. Panaskan mentega di wajan sampai harum
  3. Panggang pisang di wajan sampai matang dan kecokelatan
  4. Tata Pisang di piring
  5. Buat saus cokelat kacang dengan mencerkan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter. Perbandingannya 2 sendok Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter diencerkan dengan 1 sendok air panas. Kalau masih terasa kental, boleh ditambahkan air lagi. Ketika diaduk, selai yang awalnya berwarna krem dan cokelat lama kelamaan akan berwarna cokelat.  
  6. Tuang saus di atas pisang panggang
  7. Taburi pisang panggang yang sudah diberi saus dengan keju parut
Cemilannya sudah jadi deh. Saus yang saya buat dari Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter rasanya tentu saja cokelat, tetapi ada tambahan rasa dan aroma kacangnya. Pisang panggangnya jadi istimewa dong dan lain dari biasanya karena biasanya saya membuat sausnya dari susu kental manis putih atau cokelat.

Tapi tidak lengkap dong kalau cemilan tanpa minumannya. Akhirnya saya memutar otak lagi untuk membuat minuman yang lain dari biasanya. Kedua anak saya ini sangat suka susu. Saya pun mencoba membuatkan mereka susu kocok (milkshake) cokelat kacang berbahan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter. 

Milkshake Cokelat Kacang


skippy penaut butter

Bahan-bahannya:
  • 3 sendok susu bubuk putih
  • 2 sendok air putih
  • Es batu
  • 1 gelas air
Cara membuatnya:
  1. Masukkan susu bubuk ke dalam blender
  2. Tambahkan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter
  3. Tambahkan segelas air ke dalam blender
  4. Tambahkan juga es batu kedalam blender
  5. Blender semua bahan sampai halus dan tidak terlihat Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter menggumpal
  6. Sajikan milkshake di gelas
Yeayy, minumannya sudah jadi. Rasa susu, cokelat dan kacangnya sama-sama dominan. Oh ya, jika ingin lebih manis bisa menambahkan gula. Tapi dengan takaran seperti di atas, menurut saya sudah cukup manis karena Skippy Peanut Butter sendiri sudah cukup manisnya. 

Sepiring pisang panggang Saus Cokelat Kacang dan Milkshake Cokelat Kacang sudah menemani hari saya bersama anak-anak. Bagaimana dengan anda, kalau punya sebotol Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter mau dibuat apa ya?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis Sebagai Perwakilan Skippy Peanut Butter Indonesia.

9 comments:

  1. Waah segerrr ya mbaaa... Jadi ngeuh kalau ada produk skippy ini. Mau coba ah. Sukses lombanya mba

    ReplyDelete
  2. Buat camilan sore kayaknya enak semua :)

    ReplyDelete
  3. Skippy memang merk terbaik untuk jenis produk beverange

    ReplyDelete
  4. Wahhhhh aku juga sukaaaa... Duh suami pulang nti aku bikinin ginian ahh

    ReplyDelete
  5. Pisang bikin cepat, kaya pisang ape khas makasar. Tambah nikmat pakai skippy

    ReplyDelete
  6. skippy chocolate stipe ini emang kesukaan kita sekeluarga nih.. uhh seger juga ya ternyata bisa dibuat milkshake.. makasii share resepnya

    ReplyDelete
  7. pagi-pagi jadi dapat ide nih mba.

    ReplyDelete
  8. Ahh pisang pake saus skippy peanut butter emang enak banget, sering bikin nuga di rumah, wangii peanutnya itu looh..hmm, jadi lapeer..

    ReplyDelete
  9. cari pisang ahh... mau juga dipanggang trus pake skippy :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...