Tuesday, June 5, 2018

Semur Bakso So Good Untuk Menu Buka Puasa dan Menu Sahur Anak



Puasa Ramadan selalu dinanti oleh semua umat Islam, baik dewasa maupun anak-anak. Bagi anak-anak yang belum baligh, puasa Ramadan memang belum diwajibkan. Tetapi biasanya orangtua membiasakan anak-anaknya belajar puasa Ramadan walaupun tidak berpuasa sebulan penuh. Termasuk saya. Bagi anak-anak, suasana Ramadan itu menyenangkan karena bisa menikmati menu buka puasa yang lain dari biasanya, serta mendapatkan suasana Ramadan yang penuh kebersamaan jika dibandingkan hari-hari biasa. 

Salah satu masakan yang saya sajikan untuk menu buka puasa dan menu sahur adalah masakan yang berbahan bakso. Anak kecil mana sih yang tidak suka bakso? Rasanya hampir semua anak kecil suka makan bakso karena rasanya yang enak dan bentuknya yang bulat menarik perhatian mereka. Termasuk anak-anak saya pun menyukai bakso. Dan untuk menyemangati mereka dalam berpuasa Ramadan, kemarin saya membuat Semur Bakso dan Kentang untuk menu buka puasa dan menu sahur anak.

so good bakso kuah sapi

Rasa semur yang kaya rempah dan manis rasanya tepat disajikan untuk menu buka puasa dan menu sahur karena bisa menggugah selera makan. Maklum, biasanya saat buka puasa, nasi dan lauk pauk kurang laku karena anggota keluarga saya lebih memilih es buah dan minuman segar lainnya. Untuk sahur juga, anak-anak sudah semakin tidak semangat karena terkalahkan oleh rasa kantuk. Jadi, saya harus menyiasatinya dengan menyajikan menu buka puasa dan menu sahur yang menaarik.

Kenapa bukan semur daging sapi, kan biasanya semur identik dengan daging sapi? Wah, bagi saya sekeluarga makan daging sapi itu termasuk hal yang mewah. Kami hanya makan daging sapi pada momen tertentu saja seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Jadi, pilihan bakso untuk membuat semur rasanya tepat karena rasanya juga sudah mirip kok dengan daging sapi. Sudah begitu, bakso juga lebih murah dari daging sapi. Oh ya, saya menggunakan So Good bakso kuah sapi yang dibeli di minimarket dekat rumah.

Saya tidak mau pakai semabarangan bahan makanan. Soalnya ngeri kalau mendengar berita tentang bakso sapi yang ternyata terbuat dari tikus, hiyyy. Atau, berita tentang bakso yang mengandung formalin yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan anggota keluarga. Makanya, saya pakai So Good bakso Kuah Sapi yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak dan natrium. Kehalalan So Good bakso kuah sapi juga tidak diragukan karena ada logo halal di kemasannya.

Ini dia resep Semur Bakso dan Kentang ala saya dengan menggunakan So Good Bakso Kuah sapi.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus So Good bakso kuah sapi beserta bumbu dan bawang gorengnya (Di dalam kemasan So Good bakso sapi terdapat bumbu, cabe, dan bawang goreng)
  • 1 buah kentang
  • ½ buah tomat.
  • Minyak untuk menumis
  • Air
Bumbu-bumbu:

  • 3 siung Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm Ketumbar
  • 1 buah cengkeh
  • Pala secukupnya
  • Merica
  • Kapulaga secukupnya
  • 5 sdm kecap manis
  • Kayu manis
  • 3 butir kemiri

semur bakso dan kentang

Cara membuatnya:

  1. Kupas kentang, potong-potong, dan goreng sampai matang lalu sisihkan.
  2. Sementara itu, haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan merica.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
  4. Masukkan bumbu lainnya yaitu kapulaga, cengkeh, dan pala.
  5. Masukkan So Good Bakso Kuah Sapi yang sudah dikerat, juga kentang
  6. Tambahkan bumbu So Good bakso kuah instan dan air secukupnya serta kecap manis.
  7. Terakhir, tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong.
  8. Masak semur bakso dan kentang sampai matang.
Tadaa, semur bakso dan kentangnya sudah siap untuk disajikan sebagai menu buka puasa. Jangan lupa taburi bawang goreng yang ada di kemasan So Good bakso kuah instan. Kalau mau pedas, cabenya juga boleh dimasukkan ke dalam semur bakso dan kentang. Saya sekalian membuatnya agak banyak, supaya bisa disajikan juga sebagai menu sahur nanti. Semur bakso dan kentang bisa disimpan di kulkas dan dihangatkan nanti ketika waktu sahur tiba. 

Alhamdulillah, anak saya suka. Si kakak malah nambah terus Semur bakso dan kentangnya. Sudah dimasukkan ke kulkas, eh dia buka lagi dan comot lagi baksonya. Syukurlah, semoga semakin semangat puasanya ya nanti umi buatkan masakan lain lagi untuk kalian. Tenang aja, So Good banyak pilihannya, jadi rasanya nggak akan mati gaya jika memasak untuk menu buka puasa dan menu sahur untuk anak. 

4 comments:

  1. Lah kok aku nggak pernah kepikiran ya baksonya dibuat semur.. Nice idea Mbak, good job.

    ReplyDelete
  2. Rasa baksonya So Good tuh udah enak, ya. Tapi, ide bikin bakso semur ini unik banget.

    ReplyDelete
  3. Wah ide baru nih. Mpo biasa makan semur Tahu, daging. Bakso juga bisa ya

    ReplyDelete
  4. Papa Duo Miss suka banget sama semur. Enak dan bergizi. Gampang bikinnya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...