Monday, April 23, 2018

Burger Udang

Udang, adalah bahan makanan yang lumayan sering saya beli untuk masak di rumah. Nilai gizi tentu saja ada, salah satunya adalah sumber protein. Udang ini termasuk complete protein karena kandungan asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan 85-95% proteinnya mudah dicerna tubuh.

Dibandignkan ikan, saya lebih suka membersihkan udang karena tidak banyak durinya walaupun tetap sama-sama merepotkan sih. Namun kalaupun ada bagian yang tajam dari udang, ukurannya lebih kecil dibandingkan ikan. Kadang, saya minta tukang sayur membersihkan udang, tetapi lebih sering saya membersihkannya sendiri di rumah. Karena ternyata lebih bersih kalau membersihkan sendiri udang di rumah dengan mengeluarkan kotoran udang dari perut.


Biasanya, saya memasak udang dengan dibalado atau digoreng menggunakan tepung. Tapi karena bosan, saya mencoba berkreasi membuatnya menjadi burger udang. Si kecil anak gadis 6 tahun saya, tiba-tiba saja ingin dibuatkan burger. DI minimarket dekat rumah, tidak menjual roti burger dan daging burger. Dan di rumah pun hanya ada udang segar. Maka saya harus berfikir cepat agar bahan makanan yang ada bisa dijadikan burger.

Dan, inilah burger udang ala saya dengan bahan yang ada di rumah dan sebagian dibeli di minimarket.

burger udang


Bahan-bahan:
  • 1/4 kg udang segar
  • 1 buah roti tawar, sobek-sobek
  • 1 atau 1/2 buah telur
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Garam
  • Lada
Cara membuat:
  1. Bersihkan udang, hilangkan kotorannya, dan cabut kepala serta cangkangnya
  2. Masukkan duang ke blender beserta roti, telur, bawang, garam dan lada
  3. Kukus menggunakan cetakan bundar
  4. Kalau sudah matang, bisa dipotong menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Kalau saya dari 1/4 kg udang ini bisa membuat kurang lebih 3-4 burger udang berdiameter kurang lebih 10 cm dan tebal 0,5-1 cm.
  5. Panggang di wajan menggunakan mentega sampai kecokelatan
Cara menyajikannya, seperti menyajikan burger yang biasa dibeli di restoran siap saji. Cetak roti tawar dengan cetakan bundar. Saya menggunakan wadah plastik berukuran bundar berdiameter kurang lebih 10 cm. Olesi roti dengan saus tomat, dan roti lainnya dengan mayonaise. Taruh burger di atas roti dan tambahkan keju lembaran. Boleh ditambahkan selada dan tomat jika suka. Ini kebetulan anaknya lagi tak mau makan sayur nih, jadi tidak saya tambahkan sayuran. Lalu, tutup dengan roti satunya lagi. Untuk ukuran anak 6 tahun, ini pas banget sih dibandingkan dengan roti burger yang gendur sekali.
 
Selamat mencoba!
 

7 comments:

  1. sebagai penggemar udang garis keras, seneng banget baca postingan iniiii

    ReplyDelete
  2. Unik nih isi burgernyaaaa...
    Makasih sharenya ya mbk

    ReplyDelete
  3. Ooh jadi udangnya dibikin semacam kornet dulu ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Blom pernah kepikiran bikin burger dari udan, kreatif banget mbak. Kebetulan suami sukanya udang, bisa dicoba neh di rumah.

    ReplyDelete
  5. Masyaallah enak banget niy burger udang. Kreatif sekali mbak.

    Perlu dicoba .. ntar pas belanja seafood.
    Trimakasih nice sharing.

    ReplyDelete
  6. Duh enaknyaaaaa mau Mba Kania heheheh

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau nih burger udang, jadi pingin nyoba nih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...