Sunday, November 29, 2015

Cake Marmer Labu Kuning

Pertamakali saya mencoba masakan dari labu kuning adalah kolak labu kuning. Rasanya mirip ubi tapi lebih manis dan lebih mudah hancur dibanding ubi. Padahal kulit dan buahnya saat mentah, ampun deh keras banget. 

Saya jarang sekali memasak makanan dengan bahan labu kuning karena di tukang sayur langganan tidak menjualnya. Padahal kandungan gizi labu kuning cukup banyak, diantaranya: 

flickr.com


  1. Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh, akan berubah menjadi vitamin A. Fungsi vitamin A dan beta karoten berguna bagi kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Zat gizi ini juga mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.
  2. Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.
  3. Zat besi. Zat gizi ini diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi diperlukan karena zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.
  4. Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.
  5. Kandungan seratnya tinggi dan bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga kita tak perlu takut anak mengalami kegemukan selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
Mumpung baru ‘gajian’ dari suami, saya pun bermaksud membuat cake labu kuning untuk anak-anak. Kemarin saya sudah memesan 2 potong labu kuning sama tukang sayur langganan. Karena memang jarang yang beli, jadi si ibu tukang sayur hanya menyediakan labu kuning jika ada yang pesan. Saya juga membeli bahan lain seperti telur dan pengembang. Kebetulan bahan yang lain ada di rumah, sisa-sisa masak hari kemarin.

Cake labu kuning saya bikin ala-ala marmer gitu soalnya ada persediaan coklat herbalnya suami. Ini resep yang saya gunakan.

Bahan:

  • 2 potong labu kuning masing-masing seukuran lengan anak kecil (itu udah banyak sih menurut saya)
  • 1 gelas tepung terigu (gelas yang saya pakai ukuran standar kurang lebih ukuran 100 ml-an)
  • 1 gelas tepung beras (Tadinya mau pakai tepung terigu semua, eh ternyata kurang)
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 gelas minyak
  • 1 sdm tbm (pakai baking powder juga sebenarnya mungkin bisa, tapi di minimarket lagi kosong. Di toko kue dekat rumah adanya Cuma tbm)
  • 2 butir telur
Cara membuat:

  1. Rebus labu kuning dan blender bersama minyak dan tbm.
  2. Panaskan kukusan
  3. Campur tepung terigu dan tepung beras, masukkan adonan labu dan gula pasir.
  4. Kocok lepas telur dan masukkan ke dalam adonan.
  5. Aduk-aduk sampai rata.
  6. Masukkan ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak, sisakan sedikit untuk adonan coklat.
  7. Kukus kira-kira 45 menit.
Oh ya, sebaiknya menggunakan cetakan cup-cup kertas agar tak perlu membalik kue. Adonan cokleat setelah matang akan lumer dan membuat kue rusak saat dibalik. Karena saya ingin sekali saja mengukus cake-nya, maka saya langsung gunakan wadah cetakan besar.

Look at the color!

Rasanya? Cake marmer labu kuning ini lembut, manis, dan ada lumeran cokelatnya saat dimakan hangat. Selamat mencoba.



Sumber referensi:

18 comments:

  1. texturenya pasti lembut banget ya mba, kebayang pakai labu dan dikukus pasti enak banget

    ReplyDelete
  2. kelihatannya enak banget mbak kania :)
    labu kuning ini gampang didapat,harganya murah dan ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi yah mbak :)

    ReplyDelete
  3. kalo pake cup2, trus ga ngembang, piye mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan pake pengembang mba trua dikocoknya yg lama

      Delete
  4. jadi kepingin bikin cake, intip dulu ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Asti lbh jago lah sy malah pengen bs bikin pizza ky mba

      Delete
  5. Kebayang enaknyaaa.. Ah, jadi pengen bikin kue juga :D

    ReplyDelete
  6. Kayknya gampang bikinnya ya segera di eksekusi neh. Thanks resepnya mbak

    ReplyDelete
  7. cakenya lembut ya mbak... suka tipe cake dr bahan buah ky gini...

    ReplyDelete
  8. asyik ih... lembut, ada lumeran cokelatnya pula, hmmm...

    ReplyDelete
  9. Aku belom pernah cobak, Mbak.. Apalagi sekarang uda ngekos. Ngga bisa baking lagi deh. Huhuhu :'

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...