Friday, April 16, 2021

Resep Gulai Ayam Padang

 


Ayam biasanya diapaian nih bu? Digoreng, dibakar, dibuat opor, sate ayam, tongseng, atau gulai? Banyak banget menu berbahan dasar ayam yang bisa kita buat.


Baru-baru ini saya suka masak gulai ayam ala Padang. Awalnya sih lihat suami sering beli gulai ayam ala Padang dari warung Padang kalah lagi gak sreg dengan menu masakan di rumah. Trus say pikir, kenapa gak coba buat sendiri saja? 


Akhirnya beramiin coba buat gulai ayam Padang. Resepnya lihat di Cookpad tapi disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Soalnya biasanya kalau googling resep, sering banget Cookpad paling atas hasil pencariannya. Selain itu resep-resepnya resep rumahan yang sederhana, pas buat saya yang kadang bahan masakan di rumah tak selamanya lengkap. 


Ini nih resep gulai ayam Padang ala saya


Bahan-bahan:


- 1/2 ekor ayam

- 1 buah santan instan segitiga

- 1 buah dunia salam

- 1 buah serai

- 1 buah dun jeruk

- 3 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- Jahe secukut

- Lengkuas secukupnya

- 2 buah kemiri

- Kunyit secukupnya

- Cabe merah secukupnya

- Garam secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- Lada secukupnya

- Ketumbar secukupnya

- 500 ml air kurang lebih


Cara membuatnya.:


1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, kunyit, jahe dan lengkuas


2. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan salam, sereh, daun jeruk


3. Masukkan ayam, aduk


4. Tambahkan air


5. Masukkan garam, gula, lada, ketumbar


6. Terakhir menjelang matang, masukkan santan


7. Sajikan jika sudah matang


Ternyata anak saya suka walau agak pedas sedikit. Buat menu buka puasa, sepertinya nikmat juga. Selamat mencoba! 

Gulai ayam padang


Tuesday, March 30, 2021

Resep Sate Ayam Bumbu Kecap Praktis Banget



Sate merupakan salah satu menu andalan di rumah karena membuatnya cukup praktis dan anak-anak menyukai menu sate ini. Biasanya saya membuat sate ayam dengan bumbu kacang atau kecap. Kali ini saya mau berbagi resep praktis membuat sate bumbu kecap.

Bahan-bahan:

- 250 gr Dada ayam
- 1/2 bgks bumbu pecel/gado-gado instan buat rendaman ayam (saya pakai bumbu sisa bikin gado-gado)
- Kecap secukupnya
- 1 sdm minyak goreng
-  1 buah cabe merah
- 1/2 buah tomat
- 1 buah bawang merah

Cara membuatnya:

1. Bumbu pecel diencerkan dengan air panas secukupnya, jangan terlalu encer ya.
2. Dada ayam dipotong-potong dan direndam dengan dengan bumbu pecel, tambahkan kecap manis dan minyak ke dalam rendaman.
3. Masukkan dada ayam ke tusukan satu persatu dan bakar di atas panggangan sampai kecokelatan. Saya pakai panggangan di kompor Rinnai dan suka banget kalau ada aroma gosongnya sedikit.
4. Buat saus kecapnya dengan mencampurkan kecap manis, bawang merah iris, tomat riis dan cabe merah iris.
5. Tata sate di atas piring dan siram dengan saus kecap.

Selamat mencoba.

Resep sate ayam bumbu kecap


Wednesday, March 24, 2021

Resep Kue Lontar (Pie Susu)

Beberapa waktu lalu anak saya menerima tugas dari sekolah untuk membuat makanan khas Papua. Setelah googling, kami tertarik untuk mencoba membuat kue lontar, salah satu makanan yang katanya khas dari papua. Saya baru tau loh ada yang namanya kue lontar dari Papua. Ternyata pas cari-cari resepnya, mirip pie susu yang pernah kami buat.

Ini resep kue lontar yang kami buat.

Bahan kulit:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm margarin
  • 2 sdm kental manis
Bahan isi:

  • 15 sdm kental manis
  • 10 sdm air matang
  • Vanili secukupnya
  • 2 buah telur
  • 2 sdm tepung maizena
Cara membuatnya:

  1. Semua bahan kulit dicampur dan diasuk sampai rata dan bisa dibentuk.
  2. Ratakan bahan kulit di atas teflon (Kita gak punya piring lontar) lalu tusuk-tusuk dengan garpu
  3. Panggang sebentar bahan kulit dengan api yang sangat kecil
  4. Campurkan semua bahan isi sampai rata dan tidak berindil lalu masukkan di atas bahan kulit
  5. Panggang kue lontar dengan api kecil kurang lebih 20 menit
Begitu dipanggang wanginya langsung menyebar ke seluruh ruangan. Rasanya juga enak, gurih dan renyah dari kulitnya serta manis yang tak terlalu banyak dari isiannya. Anak saya suka. Ohya, karena permukaannya tak rata warnanya, sama anak saya dikasih toping sereal untuk menutupi kekurangannya. Kamu juga bisa menambahkan toping lain seperti keju. Selamat mencoba.

resep kue lontar


Sunday, March 21, 2021

Resep Cireng Nasi

 Nasi sisa biasanya diapain? Kalau saya biasanya dibuat nasi goreng, bubur ayam, dan cireng nasi. Kalau ibu saya di kampung nasi sisa makan malam biasanya diberikan ke ternak. Karena saya tinggal di lain kota dan tak punya ternak, nasi sisa biasanya diolah lagi menjadi makanan lain. Nilai gizinya mungkin sudah berkurang, tapi kalau mau dibuang kan juga sayang.

Kali ini saya mau share resep cireng nasi yang biasanya saya buat ya. Semoga bermanfaat buat yang membutuhkan.

Bahan-bahan:

  • 1 mangkuk Nasi sisa maka malam
  • 2 siung Bawang putih
  • 1 buah Daun bawang
  • 3 sendok tepung tapioka
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya (bisa kaldu ayam atau jamur)
  • Air panas secukupnya
Cara membuatnya:

  1. Haluskan nasi. Saya pakai ulekan dan tak usah terlalu lembut juga gak apa-apa.
  2. Tambahkan tepung  tapioka, bawang putih halus, daun bawang, garam, lada, dan kaldu ke adonan lalu aduk. 
  3. Adonannya sedikit lengket, bisa ditambahkan air panas sedikit biar berkurang lengketnya. 
  4. Bentuk adonan cireng dengan cara mengambil sesendok adonan lalu pipihkan. Kalo lengket, tangan kita taburi dengan tepung tapioka saat membuat cireng nasi. 
  5. Goreng cireng sampai kekuningan. 
Selamat mencoba. 

Cireng nasi


Wednesday, February 17, 2021

Sayur dan Buah Yang Enak Digoreng

 


Gorengan, siapa sih yang gak suka. Umumnya orang Indonesia suka gorengan ya. Gorengan jadi makanan kaki lima Indonesia yang banyak dijual di jalanan maupun restoran. Jangan lupa, biar tetap sehat, gorengan sebaiknya digoreng dengan minyak yang baru, serta imbangi makan gorengan dengan makanan sehat lainya seperti sayur dan buah mentah yang kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas. 


Ada banyak macam gorengan yang bisa dinikmati. Sayur dan buah juga enak loh kalau dijadikan gorengan. Ini nih contohnya, pasti gak asing deh karena biasa kita nikmati di rumah atau di tukang gorengan. 


Goreng Ubi

Goreng Ubi


Ubi enak juga dijadikan gorengan buat temen minum kopi. Lebih enak sih Ubi putih yang dipakai untuk membuat gorengan. Ubi diiris tipis, dicelupkan ke tepung lalu goreng sampai matang dan kecokelatan. Tepungnya terdiri dari campuran tepung terigu, tepung beras, sedikit gula (karena Ubi sudah manis) dan vanili secukupnya. 


Bakwan Jagung

Bakwan jagung


Yang ini bisa untuk teman ngopi atau teman makan nasi hangat. Bakwan jagung dipipil, dicampur dengan tepung dan bumbu, laku digoreng sampai matang dan kecokelatan. Adonan tepung untuk membuat bakwan terdiri dari tepung terigu dan tepung beras yang diberi bumbu bawang putih, bawang merah, garam, lada, ketumbar, daun bawang, dan kaldu bubuk. 


Goreng Pisang

Pisang


Pisang yang digunakan untuk membuat gorengan biasanya pisang kepok atau pisang tanduk. Pisang digoreng sampai kecokelatan dengan campuran tepung terigu, tepung beras, sedikit gula pasir dan vanili. Bisa juga pisang digoreng sebagai isian kulit lumpia, lebih renyah saat digigit. 


Singkong Goreng

Singkong goreng


Pilihlah singkong yang empuk agar saat digoreng juga teksturnya empuk. Biasanya singkong yang kulitnya merah muda cukup empuk untuk dibuat gorengan. Singkong direbus terlebih dulu sebelum digoreng bersama bumbu-bumbu: bawang putih, garam, lada, ketumbar, dan kunyit jika ingin warna singkongnya jadi kuning. Lalu setelah itu bisa langsung digoreng sampai matang dan kecokelatan. 


Masih banyak lagi sayur dan buah yang enak digoreng, seperti sukun, talas, bahkan nangka dan apel. Kita bisa coba membuatnya sebagai variasi menu makan buah dan sayur biar tak bosan. 

Thursday, February 4, 2021

Resep Chicken Katsu Sederhana

Bingung gak sih kalau mengolah dada ayam? Kali ini menu makan malam kali di rumah adalah olahan dada ayam berupa chicken katsu ala @dapur_kania dengan bahan yang ada di rumah. 

Simak yuk cara membuatnya. 

Reaep chicken katsu


Bahan:

- dada ayam

- tepung terigu

- Tepung beras

- Telur


Bumbu:

- Kaldu bubuk

- Lada

- Ketumbar


Cara membuat:

1. Dada ayam dipukul-pukul, lumuri garam dan lada (dan jeruk nipis kalo ada), diamkan sebentar. 

2. Tepung terigu, tepung beras, dan bumbu dicampur dalam wadah. Kalo saya biasanya perbandingan terigu dan tepung beras 2:1

3. Dada ayam dilumuri tepung, lalu masukkan ke telur, lalu guling ke tepung lagi (seharusnya digulingkan ke tepung panir ya tapi gak ada stok) terus goreng


Saus katsunya campuran bawang putih, saus tiram, saus tomat dan air. Bawang putih ditumis dengan sedikit minyak lalu ditambahkan saus tiram, saus tomat, dan air secukupnya kemudian dimasak sampai agak mengental. 


Saladnya menggunakan kol dan wortel diiris tipis, diberi saus berupa campuran mayones dan saus tomat. 


Memang mungkin gak seluar biasa makanan restoran tapi #justforfun buat nyenengin keluarga dengan makanan ala restoran walau sederhana. 

Mudah kan cara membuatnya? 



Wednesday, December 9, 2020

Review Bango Bumbu Kuliner Nusantara

 


Beberapa waktu lalu, saya dapat kesempatan dari Hometesterclub.com buat nyobain Bango Bumbu kuliner Nusantara. Penasaran dong, kan selama ini yang dikenal Bango tuh kecapnya. Ternyata ada bumbu siap pakainya juga, Bango Bumbu Kuliner Nusantara

Yang saya coba itu ada 3 varian Bango Bumbu Kuliner Nusantara. Yaitu bumbu Mie Goreng Khas Aceh, Nasi Kuning Manado, dan Rawon Khas Malang. Khas Nusantara banget kan!



Bango Bumbu Kuliner Nusantara Nasi Kuning Manado

Terus terang, saya belum pernah coba nasi kuning khas Manado. Kalau nasi kuning yang dijual tukang nasi kuning pernah, buat sendiri juga pernah.

Bikin nasi kuning pake Bango Bumbu Kuliner Nusantara Nasi Kuning Khas Manado jelas lebih praktis. Tinggal tambahkan daun pandan, serai, santan, dan bumbu Bango ke rice cooker yang berisi beras. Terus, masak deh!

Wanginya harum banget saat nasi kuning dimasak, perpaduan bumbu Bango, pandan dan serai. Setelah jadi, terlihat warna kuning dari nasi kuning yang sudah jadi lebih pekat dan kaya bumbu rempah dibanding buatan sendiri atau beli di tukang nasi kuning.



Bango Bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang

Masakan Rawon sendiri saya sudah pernah coba dan langsung suka. Tapi memasak Rawon jarang saya lakukan karena susah dapat kluwek. Selain itu, rada males juga nyiapin bumbunya.  Masak Rawon pakai Bango Bumbu Kuliner Nusantara jadi lebih praktis. Lumayan, mengobati kangen akan masakan Rawon.

Cara menggunakan Bango bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang yaitu dengan menambahkan bumbu Bango ke rebusan daging yang sudah empuk, lalu masak deh rawonnya sampai matang. Tambahkan pelengkap seperti tomat, taoge pendek dan bawang goreng.



Bango Bumbu Kuliner Nusantara Mie Khas Aceh

Udah lama penasaran dengan mie khas Aceh. Dulu ada yang jual dekat rumah lama, tapi gak pernah dapat kesempatan buat beli dan nyobain mie khas Aceh. Pas banget ada Bango bumbu Kuliner Nusantara Mie Khas Aceh, langsung cobain buat sendiri. Ternyata mie khas Aceh tuh pedas ya, tapi bikin nagih!



Saya sih suka sama Bango bumbu Kuliner Nusantara dan recommended buat keperluan darurat di rumah ketika perlu masak cepat. Kelebihan Bango bumbu Kuliner Nusantara ini menurut saya:

- Praktis, bisa menghemat waktu dan tenaga dalam memasak
- Menggunakan bahan alami
- Tanpa pengawet
- Tanpa pewarna buatan
- Info produk di kemasan sangat jelas seperti komposisi bahan & zat alergen
- Halal
- Rasa lumayan enak

Selamat mencoba!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...