Saturday, September 4, 2021

Resep Ayam Goreng Tepung Enak dan Hemat

Ayam goreng, semua anak pasti suka menu yang satu ini termasuk anak-anak saya. Semua menu ayam biasanya anak saya suka: ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng serundeng, ayam goreng tepung, dan lain-lain. Nah, yang terakhir, ayam goreng tepung, identik dengan ayam goreng yang dibeli di restoran ya. Namun kali ini saya ingin mencoba membuat sendiri di rumah biar lebih hemat, sehat dan puas makannya karena bisa nambah.

Resepnya saya dapat di Xander Kitchen di Cookpad. Resepnya praktis banget, bahannya mudah didapat. Walau masaknya agak belepotan karena di dapur pasti jadi banyak tepung berserakan. Ini nih resep ayam goreng tepung yang saya bikin buat anak-anak.

Bahan-bahan:

  • 1/2 ekor ayam, potong-potong dan bersihkan. Saya lebih suka dipotong agak kecil-kecil biar mudah aja menggorengnya dan jadi banyak hihi.
  • 3 siung bawang putih
  • Garam dan lada secukupnya
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena (kalau lagi gak ada stok, saya suka pakai tepung beras)
  • 1 butir telur, kocok lepas
Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, campur dengan garam dan lada. 
  2. Marinasi ayam dengan campuran bawang putih. Boleh didiamkan dulu biar bumbunya meresap. Tapi saya kadang suka langsung dieksekusi karena waktunya suka mepet ke jam makan.
  3. Balurkan ayam ke telur lalu gulingkan ke campuran tepung terigu dan maizena, pijat-pijat dan tepung biar bumbu merata lalu goreng di minyak panas dengan api kecil sampai matang dengan warna kuning kecokelatan. 
  4. Kalau sudah matang, sajikan deh!
Rasanya enak loh dan gak kalah dengan ayam goreng tepung di restoran. Cobain deh, walau tepungnya gak pakai garam tapi tetap terasa bumbunya karena waktu dimarinasi sudah pakai garam.

resep ayam goreng tepung



Tuesday, August 3, 2021

Resep Whipped Cream Sederhana, Bisa Dibuat Oleh Si Kecil Usia SD!

 

Masak bareng anak. Ini salah satu kegiatan yang seru dan menarik saat di rumah aja selama masa pandemi. Berantakan sudah pasti, tapi itu jauh lebih baik daripada ia di depan gadget terus, ya kan.

 

Tapi gak bisa dipaksakan juga. Anak sudah stres di rumah, tak bisa dipaksakan dengan kegiatan yang tak ia sukai. Tapi merayu-rayu ia agar lepas gadget sejenak dengan melakukan kegiatan lain seperti memasak meni kesukaannya, tentu saja boleh banget ya kaaaan. 


Udah beberapa hari ini anak gadis 10 tahunku lagi seneng banget bikin whipped cream. Aku suka dorong ia cari resep di internet masakan yang ia suka, agar ia tak main game terus dan memanfaatkan sisi positif internet untuk mengembangkan kemampuan lain. 


Trus ia nemuin resep whipped cream yang gampang dan aku cuma bantu sebagian kerjaannya yang kurang bisa dilakukan anak-anak. Seperti mem blender es batu, kan khawatir kena aliran listrik dan masih suka kaget dengan bunyi berisik es batu ung dibelndee. 


Ini nih resep whipped cream ala anakku, udah disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah dan dikreasika  sesuai ketersediaan bahan. 


Bahan:

- Es batu secukupnya 

- 3 sdm kental manis

- 3 sdm gula pasir

- 1 sachet kental manis

- 1/2 sdm SP


Cara membuat:

1. Blender es batu

2. Campur semua bahan di wadah

3. Kocok semua bahan sampai putih. Kalau krim sudah kental dan dibalik gak tumpah berarti krim udah bisa dipake. 


Jadilah whipped cream sederhana ala kami, bisa dijadikan sebagai isian roti atau toping minuman. Rasanya manis banget menurutku, jadi kalu gak suka terlalu manis bisa dikurangi gula pasirnya atau tambahkan buah-buahan seperti strawberry untuk meminimalisir rasa manisnya. 


Selamat mencoba! 




Friday, July 30, 2021

Nasi Sisa Diapain Ya?

 


Nasi sisa diapain ya? Ada yang suka bingung seperti saya. Kalau hidup di kampong dan punya ternah, biasanya diberikan ke hewan ternak yang kita punya, yak an. Seperti ibu saya di kampong, kalau ada nasi sisa semalam maka paginya diberikan pada ayam-ayam peliharaannya. Tapi karena saya hidup merantau dan tinggal di komplek perumahan serta tak punya hewan peliharaan, biasanya nasi sisa saya olah lagi menjadi masakan baru atau direcook.

Biasanya nasi sisa saya olah menjadi menu-menu berikut.

Nasi Goreng

Biasanya menu ini sih yang paling sering dibuat dan sering terpikir dari nasi sisa. Kreasi nasi goreng juga macam-macam. Bisa pakai bumbu instan, bumbu ulek, bumbu iris, dan lain-lain. Bisa pakai kecap manis, kecap asin, dan lain-lain. Bahkan kalau lagi gak banyak bahan makanan di rumah, nasi goreng dengan bumbu bawang yang banyak juga uenak banget loh. Salah satu menu nasi goreng kesukaan kami yang ini nih resepnya.

resep nasi goreng


Bahan:

-          Nasi sisa

-          Telur, dibuat orak-arik

-          Bakso, diris tipis

-          Daun bawang

-          Kol secukupnya

-          Bawang merah iris

-          Bawang putih iris

-          Kecap asin

-          Garam

-          Lada

-          Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
  2. Masukkan bakso dan telur, aduk.
  3. Tambahkan kol, nasi dan daun bawang, aduk.
  4. Tambahkan garam, lada dan kecap asin, aduk
  5. Aduk dan masak sampai matang.

 

Bubur Ayam

Biasanya nasi sisa dibuat bubur ayam saat kondisi badan agak lelah dan butuh makanan yang lembut tanpa minyak-minyakan. Nasi sisa bisa dimanfaatkan untuk membuat bubur ayam. Ini resep bubur ayam dari nasi sisa ala kami.

resep bubur ayam


Bahan:

-          Nasi sisa

-          Bumbu untuk bubur: daun salam, sereh, jahe, lengkuas, garam.

-          Air untuk merebus nasi menjadi bubur

-          Toping bubur: ayam suwir, telur rebus, kacang tanah goreng, daun bawang, kecap manis dan kerupuk

-          Kuah bubur: Air, Bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit kalau mau kuahnya berwarna kuning, ayam dan daun bawang.

Cara membuat:

  1. Untuk membuat bubur, rebus air dan nasi beserta bumbu sampai menjadi bubur dengan tekstur yang diinginkan. Tambahkan air jika diperlukan.
  2. Untuk membuat kuah bubur, Tumis bawang dan tambahkan air, ayam, daun bawang, garam, lada, jahe. Ayamnya setelah matang diangkat dan disuwir untuk toping bubur.
  3. Setelah bubur matang, sajikan di mangkuk dengan diberi kuah dan toping.

 

Cireng Nasi

Nah kalau yang ini bikinnya agak merepotkan. Tapi kalau mau menu dari nasi sisa yang bervariasi, boleh dicoba juga untuk memanfaatkan nasi sisa daripada mubazir.

cireng nasi


Bahan:

-          Nasi sisa

-          Bawang putih

-          Tepung kanji

-          Bawang merah

-          Garam

-          Lada

-          Air hangat secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan nasi, saya biasanya pakai food processor
  2. Campur nasi dengan tepung kanji, baawang merah, bawang putih, garam, lada, air.
  3. Aduk sampai tercampur rata, dan bentuk bulat-bulat dan pipihkan. Kalau lengket, taburi tangan dengan tepung.
  4. Goreng sampai kecokelatan.

Itu 3 menu dari nasi sisa yang sering kami buat. Gimana nih dengan menu nasi sisa di dapur bunda? Biasanya diapain? Share yuk biar jadi inspirasi kami dan semua orang yang suka memasak!

 

 

 


Friday, April 23, 2021

Menu Akhir Bulan Yang Bikin Nambah Makan

 


Tak terasa udah akhir bulan lagi ya, menu masakan di rumah harus dihemat namun juga diusahakan tetap enak. Sini saya kasih tau menu masakan yang ekonomis namun tetap enak dan bikin nambah. Yaitu sayur asem dan balado ikan asin kapas-kapas! 


Resep Sayur Asem


Bahan-bahan:

- Labu 

- Kacang Panjang

- Jagung

- Air untuk merebus


Saya cukup menggunakan 3 jenis sayuran di atas, kalau kamu mau tambahkan  yang lain boleh aja. 


Bumbu:

- 4 siung Bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 2 buah Kemiri

- 1 sdt terasi

- 1 sdm gula merah

- 1 buah cabe merah (boleh tambahkan kalau ingin lebih pedas) 

- Garam secukupnya

- 1 gelas kecil air asam


Cara membuat:


1. Rebus semua sayuran

2. Haluskan bawang, kemiri, cabe, terasi, masukkan ke rebusan sayur

3. Tambahkan air asam, gula merah, garam

4. Masak sampai matang

5. Koreksi rasa, jika kurang pas bisa tambahkan bahan yang kurang. 

Sayur asem


Resep Balado Ikan Asin Kapas-kapas


Bahan dan bumbu:

- Ikan asin kapas, goreng

- 3 buah cabe merah

- 1/2 buah tomat

- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- Garam secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- Lada secukupnya


Cara membuat:

1. Haluskan cabe, bawang dan tomat, tumis sampai harum

2. Masukkan ikan asin, asuk sampai rata dan masak sampai matang. 


Duh ini endes banget. Perpaduan sayur asem dan ikan asin kapas balado pas banget, bikin berselera makan. Kalau mau tambah lalapan boleh juga. Dan tentunya ini menu hemat karena ikan asin kapas lebih terjangkau daripada ayam atau ikan lainnya. Selamat mencoba! 


Friday, April 16, 2021

Resep Gulai Ayam Padang

 


Ayam biasanya diapaian nih bu? Digoreng, dibakar, dibuat opor, sate ayam, tongseng, atau gulai? Banyak banget menu berbahan dasar ayam yang bisa kita buat.


Baru-baru ini saya suka masak gulai ayam ala Padang. Awalnya sih lihat suami sering beli gulai ayam ala Padang dari warung Padang kalah lagi gak sreg dengan menu masakan di rumah. Trus say pikir, kenapa gak coba buat sendiri saja? 


Akhirnya beramiin coba buat gulai ayam Padang. Resepnya lihat di Cookpad tapi disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Soalnya biasanya kalau googling resep, sering banget Cookpad paling atas hasil pencariannya. Selain itu resep-resepnya resep rumahan yang sederhana, pas buat saya yang kadang bahan masakan di rumah tak selamanya lengkap. 


Ini nih resep gulai ayam Padang ala saya


Bahan-bahan:


- 1/2 ekor ayam

- 1 buah santan instan segitiga

- 1 buah dunia salam

- 1 buah serai

- 1 buah dun jeruk

- 3 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- Jahe secukut

- Lengkuas secukupnya

- 2 buah kemiri

- Kunyit secukupnya

- Cabe merah secukupnya

- Garam secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- Lada secukupnya

- Ketumbar secukupnya

- 500 ml air kurang lebih


Cara membuatnya.:


1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, kunyit, jahe dan lengkuas


2. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan salam, sereh, daun jeruk


3. Masukkan ayam, aduk


4. Tambahkan air


5. Masukkan garam, gula, lada, ketumbar


6. Terakhir menjelang matang, masukkan santan


7. Sajikan jika sudah matang


Ternyata anak saya suka walau agak pedas sedikit. Buat menu buka puasa, sepertinya nikmat juga. Selamat mencoba! 

Gulai ayam padang


Tuesday, March 30, 2021

Resep Sate Ayam Bumbu Kecap Praktis Banget



Sate merupakan salah satu menu andalan di rumah karena membuatnya cukup praktis dan anak-anak menyukai menu sate ini. Biasanya saya membuat sate ayam dengan bumbu kacang atau kecap. Kali ini saya mau berbagi resep praktis membuat sate bumbu kecap.

Bahan-bahan:

- 250 gr Dada ayam
- 1/2 bgks bumbu pecel/gado-gado instan buat rendaman ayam (saya pakai bumbu sisa bikin gado-gado)
- Kecap secukupnya
- 1 sdm minyak goreng
-  1 buah cabe merah
- 1/2 buah tomat
- 1 buah bawang merah

Cara membuatnya:

1. Bumbu pecel diencerkan dengan air panas secukupnya, jangan terlalu encer ya.
2. Dada ayam dipotong-potong dan direndam dengan dengan bumbu pecel, tambahkan kecap manis dan minyak ke dalam rendaman.
3. Masukkan dada ayam ke tusukan satu persatu dan bakar di atas panggangan sampai kecokelatan. Saya pakai panggangan di kompor Rinnai dan suka banget kalau ada aroma gosongnya sedikit.
4. Buat saus kecapnya dengan mencampurkan kecap manis, bawang merah iris, tomat riis dan cabe merah iris.
5. Tata sate di atas piring dan siram dengan saus kecap.

Selamat mencoba.

Resep sate ayam bumbu kecap


Wednesday, March 24, 2021

Resep Kue Lontar (Pie Susu)

Beberapa waktu lalu anak saya menerima tugas dari sekolah untuk membuat makanan khas Papua. Setelah googling, kami tertarik untuk mencoba membuat kue lontar, salah satu makanan yang katanya khas dari papua. Saya baru tau loh ada yang namanya kue lontar dari Papua. Ternyata pas cari-cari resepnya, mirip pie susu yang pernah kami buat.

Ini resep kue lontar yang kami buat.

Bahan kulit:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm margarin
  • 2 sdm kental manis
Bahan isi:

  • 15 sdm kental manis
  • 10 sdm air matang
  • Vanili secukupnya
  • 2 buah telur
  • 2 sdm tepung maizena
Cara membuatnya:

  1. Semua bahan kulit dicampur dan diasuk sampai rata dan bisa dibentuk.
  2. Ratakan bahan kulit di atas teflon (Kita gak punya piring lontar) lalu tusuk-tusuk dengan garpu
  3. Panggang sebentar bahan kulit dengan api yang sangat kecil
  4. Campurkan semua bahan isi sampai rata dan tidak berindil lalu masukkan di atas bahan kulit
  5. Panggang kue lontar dengan api kecil kurang lebih 20 menit
Begitu dipanggang wanginya langsung menyebar ke seluruh ruangan. Rasanya juga enak, gurih dan renyah dari kulitnya serta manis yang tak terlalu banyak dari isiannya. Anak saya suka. Ohya, karena permukaannya tak rata warnanya, sama anak saya dikasih toping sereal untuk menutupi kekurangannya. Kamu juga bisa menambahkan toping lain seperti keju. Selamat mencoba.

resep kue lontar


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...