Saturday, January 8, 2022

Telur Gulung Isi Keju

Bosan dengan menu telur yang itu-itu aja? Bisa coba buat Telur Gulung Isi Keju, olahan telur selain didadar atau telur bulat. Bumbunya simpel pakai Royco Bumbu Kaldu Rasa Ayam Spesial saja yang gurihnya alami, tanpa pewarna buatan dan terbuat dari rempah pilihan.


Bahan:
- 3 butir telur
- 2 keju slice
- 1/2 sdt Royco Bumbu Kaldu Rasa Ayam Spesial

Cara membuat:
1. Kocok telur, tambahkan Royco Bumbu Kaldu Rasa Ayam Spesial.
2. Siapkan wajan anti lengket bentuk kotak, oles minyak tipis-tipis menggunakan tisu atau kuas.
3. Masukkan telur 1/3nya, biarkan merata di wajan dan sampai agak matang.
4. Potong memanjang keju slice dan taruh di atas telur, lalu gulung telur menggunakan alat bantu 2 buah sutil silikon.
5. Lakukan sampai adonan telur habis.
6. Potong-potong telur dan sajikan.

resep telur gulung


Thursday, December 30, 2021

Serabi La Tomato, Kreasi Serabi Kekinian Menggunakan BOLA Deli Tepung Beras

 Salah satu kue tradisional kesukaan saya yaitu serabi. Kalau pulang kampung, pasti saya tak mau ketinggalan mencicipi serabi buat sarapan.


Menurut saya serabi itu enak, teksturnya lembut jadi cocok buat semua usia, mengenyangkan, bisa dimakan dengan apapun pendamping atau topingnya sesuai selera. Tapi entah kenapa anak perempuan saya nggak terlalu suka. Jadi, saya coba berkreasi membuat  Serabi La Tomato. Dan ternyata anak saya suka! 


Ini nih resep Serabi La Tomato yang saya buat. 


Bahan-bahan serabi:


- 250 gr BOLA Deli Tepung Beras

- 100 gr kelapa parut

- 550 ml santan

- 1 sdt ragi instan

- Garam secukupnya

Resep serabi kekinian


Toping:

- 160 gr keju mozarella parut

- 3 buah sosis sapi 

- Daging sapi asap secukupnya

- Saus tomat secukupnya


Cara membuatnya:


1. Campuran semua bahan serabi, lalu aduk-aduk menggunakan whisk sampai merata dan diamkan selama 1 jam. 

Resep serabi kekinian



2. Setelah 1 jam, panaskan cetakan serabi dan oleskan sedikit minyak. Setelah cetakan panas, masukkan adonan serabi sesendok demi sesendok menggunakan sendok sayur. 

Resep serabi kekinian



3. Ketika sudah muncul gelembung, tambahkan toping sosis, daging asap dan keju mozarella di atasnya. 

Resep serabi kekinian



5. Angkat serabi ketika sudah matang dan bagian bawahnya berwarna kekuningan. 


6. Sajikan serabi dengan diberi hiasan saus tomat. 

Resep serabi kekinian



Mudah kan membuatnya? #EnaknyaJadiBeda loh karena terbuat dari BOLA Deli Tepung Beras yang punya banyak kelebihan. BOLA Deli Tepung Beras terbuat dari beras pilihan, warnanya putih bersih, teksturnya lembut dan wangi beras asli. Jangan lupa, makannya selagi hangat ya biar lebih nikmat. 


Bahan-bahannya juga mudah didapat.Produk BOLA Deli sudah tersedia di Indomaret & Alfamidi seluruh Indonesia, dan untuk produk-produk @boladeli.id juga bisa dibeli di BOLA Deli Official Shop di Shopee, saat ini sedang ada disc 20% dengan menggunakan kode voucher BOLADELI8. Ayo buruan, promonya hanya sampai tanggal 31 Desember. 


Video pembuatan Serabi La Tomato bisa dilihat di Reels Instagram Dapur Kania ya teman-teman. 


Sunday, December 12, 2021

Resep Semur Telur dan Kentang

Salah satu pelengkap nasi uduk kesukaan anak yaitu semur telur. Akhirnya saya coba buat sendiri biar lebih hemat tidak usah beli terus dan ternyata gak susah kok. Ini resepnya saya tambahin kentang jadi lebih meriah :)


Bahan-bahan:

  • 3 buah telur
  • 3 buah kentang
  • 3 buah bawang putih
  • 3 buah bawng merah
  • 3 butir cengkeh
  • Jahe secukupnya
  • Lengkuas secukupnya
  • Sereh secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • 2 gelas air (tambahkan jika kurang)
Cara emmbuat:

  1. Rebus telur dan kentang. Saya pakai panci presto biar lebih cepat
  2. Kupas kulit telur dan kentang. Untuk kentangnya potong-potong memanjang atau sesuai selera.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, sampai harum
  4. Masukkan daun salam, jahe dan lengkuas yang sudah digeprek.
  5. Tambahkan telur dan kentang, seta air.
  6. Masukkan bumbu lainnya yaitu gula merah, cengkeh, garam, dan kecap manis.
  7. Masak sampai matang.
Selamat mencoba!

Semur telur dan kentang


Wednesday, December 1, 2021

Resep Kue Cubit

 Kue Cubit. Tak asing dong dengan cemilan yang satu ini. Mungkin kamu sering menemukannya sewaktu kamu sekolah SD dulu di tukang penjual kue keliling di lingkungan sekolahmu. Tapi saya sendiri justru mengenal kue ini ketika dewasa dari teman dan berbagai artikel resep. 


Saat ini sudah banyak modifikasi kue cubit yang menggugah selera. Kamu bisa membelinya di toko favorit kamu atau membuatnya sendiri di rumah. Beberapa waktu lalu saya juga bikin kue cubit sederhana sesuai dengan bahan yang ada di rumah. Ini dia resepnya. 

Resep kue cubit



Bahan-bahan:


- 8 sdm tepung terigu

- 1 buah telur

- 2 sdm gula pasir

- 1 sdt ragi instan

- 2 sdm susu bubuk

- 100 ml air

- 2 sdm minyak goreng atau margarin cair

- 1/4 sdt baking powder

- Meises secukupnya untuk toping


Cara membuat:


1. Kocok gula pasir dan telur sampai tercampur rata, saya mengocoknya menggunakan whisk atau pengocok saja. 


2. Tambahkan terigu, ragi, susu bubuk, air, kemudian aduk rata kembali dan diamkan 30 menit. Jangan lupa tutup rapat adonan kuenya. 


3. Setelah 30 menit, tambahkan minyak dan baking powder. Aduk rata. 


4. Panaskan cetakan kue cubit dan olesi sedikit minyak. Masukkan adonan kue sesendok demi sesendok. 


5. Ketika muncul gelembung, beri toping meises. Masak sampai matang. 


6. Angkat kue dari cetakan dan sajikan. 


Selamat mencoba! 


Thursday, November 18, 2021

Resep Mie Goreng Jawa

Beberapa hari lalu, si sulung dapat tugas membuat resep masakan bersama keluarga. Saya harus berfikir keras dong menu apa yang mudah untuk dibuat bersama anak cowok dan bahan-bahannya yang ada di rumah. Lalu saya cari di internet resep masakan dan menemukan resep mie goreng Jawa di aplikasi Cookpad nya Xander Kitchen. Resepnya gampang dan bahannya sebagian besar ada di rumah.

Ini resep Mie Goreng Jawa ala kami, resep asli dari Xander Kitchen, namun disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus mie telur
  • 4 butir bakso, potong-potong
  • 1 buah telur
  • Kol secukupnya, potong-potong
  • 1 batang daun bawang dan seledri, potong-potong
  • 2 buah cabe merah, potong-potong
  • Minyak untuk menumis
Bumbu:
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada secukupnya
Cara membuat:
  1. Rebus mie telur, sisihkan 
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri lalu tumis menggunakan sedikit minyak
  3. Sisihkan bumbu di pinggir wajan, masukkan minyak lagi sedikit dan masukkan telur. Aduk-aduk telur sehingga jadi orak-arik
  4. Masukkan bahan lain yaitu kol, cabe, bakso, daun bawang, mie, lalu aduk-aduk sampai rata.
  5. Tambahkan bumbu lain yaitu garam, gula pasir, lada, dan kecap manis, aduk-aduk sampai rata dan matang lalu koreksi rata.
Selamat mencoba!
resep mie goreng jawa


Sunday, November 14, 2021

Resep Mie Ayam Jamur

 Mie Ayam Jamur makan malam beberapa hari lalu, batu sempat share. Kalau lagi malas makan nasi atau bosan dengan menu nasi, mie biasanya jadi pilihan. Mie ayam salah satunya. Tapi kan kalau beli lumayan ya harus beli buat 4 porsi, jadi coba buat sendiri biar lebih ekonomis. Ini resep mie ayam jamur ala saya.


Bahan:
- 1 bgks mie telur
- 250 gr jamur tiram potong-potong dan rebus
- 3-4 lembar sawi (saya pakai sawi putih, gak ada stok sawi hijau)
- sedikit dada ayam untuk dicampurkan dengan jamur, potong-potong dan rebus

Bumbu ayam jamur;
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- jahe secukupnya
- Lengkuas
- Daun jeruk
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm saus tomat
- 1/2 batang daun bawang

Bahan kuah;
- 400 ml air rebusan ayam
- jahe secukupnya
- Bawang putih secukupnya
- Garam, gula pasir dan lada secukupnya
- 1/2 batang dunia bawang

Pelengkap:
- Kecap manis
- Saus sambal
- Kerupuk pangsit

Cara membuat:

1. Rebus mie, beri garam. Setelah matang, angkat dan sisihkan. Beri 1 sdm minyak goreng dan aduk, biar gak lengket.

2. Untuk membuat toping jamur dan ayam, haluskan bawang putih dn merah lalu tumis. Tambahkan jahe, lengkuas, daun jeruk. Masukkan rebusan jamur dan ayam. Tambahkan kecap, saus tiram, saus tomat, dan daun bawang. Aduk dan masak sampai jamur lembut dan matang dengan api sedang.

3. Campur semua bahan kuah sampai mendidih dan matang.

4. Rebus sawi dan sisihkan

4. Sajikan mie di piring, beri toping jamur ayam, sawi, kuah, kecap manis, saus sambal dan kerupuk pangsit.

Selamat mencoba! Kata anak saya enak..

resep mi ayam jamur


Saturday, October 23, 2021

Pangsit Ikan Tilapia

Weekend ini bikin cemilan Pangsit Ikan Tilapia buat nemenin anak yang tetap online walau libur. Si kakak ada try out, si adik ada les coding. 


Oh ya, ikannya saya pakai Naturally Better Regal Springs Tilapia yang bebas antibiotik, tinggi protein dan vitamin D. Pas banget buat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Udah gitu, ikan tilapianya udah di fillet jadi tinggal diolah. Asiik, soalnya gak mau repot berurusan dengan duri. Kemasannya dibungkus plastik double sehingga produk yang aman dari kebocoran. 

Resep pangsit ikan


Bahan-bahan:


- 1 bungkus Naturally Better Regal Springs Tilapia 200 gr

- 1 sdm tepung tapioka

- 3 siung bawang putih, iris dan goreng

- 1 sdm bawang merah goreng

- 1 buah wortel ukuran kecil, patut

- 1 sdm kecap asin

- 1 sdm kecap manis

- 1 buah kuning telur

-  1 buah daun bawang, cincang

- Lada bubuk secukupnya

- Garam jika diperlukan

- 15 lembar kulit pangsit

- 1 buah putih telur untuk lem

- Minyak untuk menggoreng


Bahan saus:

-.150 ml air

- 2 sdm saus tomat

- 2 sdm saus sambal

- 2 siung bawang putih

- Garam secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- 1/2 sdm tepung terigu, dicampur dengan 50 ml air untuk pengental

- 1/2 sdm cuka


Cara membuat:


1. Haluskan ikan tilapia bersama bawang merah, bawang putih, dan telur. Pindahkan ke wadah


2. Tambahkan bahan lain yaitu wortel parut, tapioka, kecap asin, saus tiram, daun bawang, lada dan garam. Aduk sampai rata. 


3. Masukkan 1 sdm adonan ke pangsit lalu lipat segitiga dan lem menggunakan putih telur. Ulangi sampai habis. 


4. Goreng pangsit ikan tilapia sampai kecokelatan. 


5. Buat sausnya dengan merebus semua bahan saus sampai mendidih, kecuali air tepung terigu di akhir untuk mengentalkan saus. 


6. Sajikan pangsit ikan tilapia dengan saus. Sampai lupa makan siang karena nyemilin ini sama anak-anak! 


Resep pangsit ikan tilapia





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...