Sunday, May 20, 2018

Menyiapkan Menu Sahur Yang Praktis




Assalaamualaikum, teman. Tak terasa ya, kita sudah memasuki bulan suci Ramadan hari ke lima. Bagaimana dengan puasa Ramadannya? Semoga lancar ya. Jangan lupa makan sahur dengan menu sahur yang ada di rumah karena walaupun sahur itu sunnah terdapat keberkahan di dalamnya. Dalam hadist juga disebutkan bahwa makan Sahur menjadi pembeda puasanya seorang muslim dengan ahlul kitab. 

Makan sahur dianjurkan untuk diakhirkan menjelang waktu Subuh. Biar bisa sahur dengan leluasa, kita bisa menyiapkan menu sahur yang praktis saja, diantaranya adalah:


1.       Abon 

Abon adalah makanan yang terbuat dari serat daging. Warnanya biasanya cokelat terang sampai kehitaman. Abon bisa tahan berhari-hari. Abon banyak dijual dalam kemasan di minimarket atau tempat belanja lainnya. Ada abon sapi, ayam, dan ikan. 

Kita juga bisa membuat abon sendiri di rumah. Beberapa waktu lalu, saya diberi ikan asap oleh mertua. Bingung mau dimasak apa karena kalau digoreng sudah biasa, sudah bosan. Akhirnya ikan saya suwir-suwir, saya goreng dengan bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe, salam, sereh, santan. Lalu saya masak dengan api kecil sampai kecokelatan. Awalnya ingin menumis ikan suwir tapi ternyata penampakannya jadi seperti abon. Lumayan ini bisa tahan berhari-hari untuk persediaan menu sahur yang praktis.

resep ikan suwir

2.       Telur

Telur biasanya selalu ada di setiap rumah karena praktis untuk dimasak dan jadi penyelamat ketika lapar dan tak sempat masak macam-macam. Telur untuk menu sahur pun oke. Telur yang sudah diasinkan atau telur asin banyak dijual di tukang sayur atau minimarket. Telur juga bisa dioleha dengan hanya diceplok atai ditambah isian berbagai macam bahan kesukaan keluarga., seperti sayuran, sosis, tahu, bakso, mie, dan sebagainya. Tidak lama kok memasaknya, paling cepat 5 menit menu sahur yang praktis berbahan telur sudah tersedia di meja makan keluarga.

telur ceplok


3.       Ayam goreng

Ayam goreng bisa kita buat di sore hari untuk disimpan di kulkas dan digoreng saat sahur. Ayam direbus dengan bumbu ayam goreng berupa bawang, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, dan lain-lain. Lalu ditiriskan dan simpan dalam kotak penyimpanan lalu taruh di kulkas untuk menu sahur yang praktis. Kalau mau dan tidak mudah bosan, bisa sekalian membuat ayam goreng untuk beberapa hari. 

Ayam goreng yang sudah dibumbui untuk menu sahur biasanya banyak dijual juga di pasar tradisional. Tetapi membuat sendiri tentu saja akan lebih hemat dan sehat, karena bisa menentukan bumbunya sendiri sesuai keinginan. Jangan lupa, agar mudah ketika akan digoreng, ayam goreng yang beku dikeluarkan dulu dari kulkas pada malam harinya sehingga pada pagi hari saat makan sahur sudah tidak beku lagi dan mudah digoreng.

ayam goreng


4.       Nugget 

Sama seperti ayam goreng, nugget juga bisa dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan di kulkas untuk beberapa hari. Membuat nugget untuk menu sahur bisa dari daging ayam atau ikan. Daging terlebih dulu dihaluskan, lalu dicampur dengan tepung roti atau tepung kanji atau roti yang dihaluskan, telur, serta berbagai bumbu seperti bawang putih, lada, garam. Bisa ditambahkan sayur yang dipotong kecil-kecil atau keju untuk menambah rasa pada nugget. Lalu nugget dikukus sampai matang. Setelah itu, potong-potong dan gulingkan ke telur dan tepung roti. Baru deh nigget bisa disimpan di kulkas untuk disantap sebagai menu sahur yang praktis. Kalau tidak mau repot membuat nugget, membeli nugget yang sudah jadi juga bisa di minimarket atau tempat belanja lainnya.

nugget ikan


5.       Rolade daging

Beberapa waktu lalu saya membuat rolade daging. Rolade konsepnya sama dengan nugget sih. Dagingnya dihaluskan, ditambah tepung dan bumbu lalu dikukus. Hanya saja, rolade dibalut telur dulu sebelum dikukus. Ketika sudah dimasak, tinggal dipotong-potong dan disimpan di kulkas untuk menu sahur yang praktis. Rolade bisa digoreng, atau dihangatka saja, atau dibumbui saus tiram dan ditambah sayuran.

Itulah menu sahur praktis yang resepnya pernah saya praktekkan. Protein semua yah, kita tinggal nambahin tumis sayuran sebagai tambahan menu sahur kalau mau, sehingga kebutuhan tubuh akan berbagai vitamin juga terpenuhi.  Bagaimana dengan teman-teman, menu sahur seperti apa yang praktis menurut anda?

rolade daging

2 comments:

  1. kalau saya menu sahur praktisnya kayaknya ikan telang asam manis soalnya bisa tahan berhari-hari. hehe

    ReplyDelete
  2. Kok sama kayak aku mbak, aku juga sedia telur di kulkas. Telur soalnya salah satu makanan favorit saya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...