Saturday, May 19, 2018

Es Timun Suri Untuk Buka Puasa



Menu buka puasa yang menarik selera makan selalu ditunggu keluarga di bulan Ramadan. Bagi ibu rumah tangga sekaligus koki keluarga, ini adalah tantangan untuk membuat menu buka puasa setiap hari di bulan Ramadhan. Saya sendiri bingung menentukan menu buka puasa setiap harinya di bulan Ramadan. Setiap hari saya googling, mencari menu buka puasa untuk keluarga namun yang dimasak itu lagi-itu lagi.

Walaupun begitu, ada satu menu buka puasa yang biasanya seringkali hanya ada di bulan Ramadan di Indonesia dan kalau tidak mencicipinya rasanya ada yang kurang. Ia adalah es mentimun suri. Atau timun suri. Dibandingkan dengan hari biasa, Biasanya saat Ramadan timun suri lebih mudah ditemukan dan banyak dijual oleh pedagang buah dan sayur. Timun suri sebenarnya bukan buah musiman, ia bisa ditanam kapan saja, tetapi kenapa ya saya lebih sering melihatnya di bulan Ramadan? 



Mungkin salah satu penyebabnya adalah kandungan kalium yang cukup tinggi dalam timun suri yang bisa menjaga kesegaran tubuh, sehingga buah ini sangat cocok disantap saat bulan puasa Ramadan. Selain itu, timun suri juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan mata dan sendi, menjaga tekanan darah, mencegah kanker dan jantung, detoksifikasi, untuk kesehatan kulit dan pencernaan, sumber energy dan menjaga kesehatan ginjal.

Kemarin, di hari pertama bulan Ramadan, saya membeli satu buah timun suri berukuran besar di tukang sayur langganan. Si ibu tukang sayur langganan yang memilihkannya untuk saya. bisa aja nih si ibu, yang lebih besar kan lebih mahal. Tapi tak apa, karena bisa disimpan di kulkas untuk 2 hari. Si ibu memberi saya tips memilih timun suri yang enak dan lembut, yaitu jika kulit di luarnya sudah mekar-mekar sehingga terlihat sedikit buah timun suri di dalamnya. Dan memang, timun surinya empuk banget seperti roti. Saat akan dipotong dan dipisahkan dengan kulitnya, jadi sedikit rapuh sehingga saya harus berhati-hati agar timun suri tidak hancur.

Resep es timun suri buatan saya sederhana saja. Setelah dipotong-potong, saya masukkan timun suri ke wdah lalu menambahkannya dengan air, sirup dan susu kental manis secukupnya. Ya, secukupnya saja kaena jika terlalu manis juga tidak baik untuk kesehatan. Oh ya, saya memilih sirup orange squash yang rasanya sangat menyegarkan. Apalagi ketika berbuka puasa nanti, akan membuat badan segar setelah seharian berpuasa.

Bagaimana dengan anda teman, biasanya timun suri dikreasikan seperti apa untuk menu buka puasa? Share yuk di kolom komentar supaya jadi inspirasi saya dan semua orang untuk memilih menu buka puasa di rumah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...