Wednesday, May 23, 2018

Kolak Biji Salak Untuk Buka Puasa




Biji salak memang bisa dibuat menjadi salah satu menu buka puasa ya? Ng, sebenarnya ini namanya saja sih. Aslinya bukan biji salak betulan. Biji salak yang dimaksud adalah makanan yang terbuat dari ubi dan tepung. Awalnya saya juga mengira biji salak betulan, tapi ternyata bukan. Hanya bentuknya saja yang dibuat seperti biji salak sehingga dinamakan demikian.  

Kolak biji salak banyak dijual sebagai salah satu menu buka puasa. Kemarin, saya seperti biasa belanja di tukang syur langganan. Saya bermaksud membuat kolak ubi untuk menu buka puasa hari itu. Selagi saya memilih-milih ubi, tiba-tiba seorang ibu bertanya kepada saya akan dimasak apa ubinya. Dia mnyarankan untuk dibuat kolak biji salak.

Tring! Seperti mendapat ilham, saya pun berubah pikiran. Kolak ubi sudah sering saya buat sih. Apa salahnya membuat sesuatu yang beda di rumah untuk menu buka puasa. Memang agak ribet membuatnya dibanding kolak ubi, karena karena merebus dulu ubinya dan beberapa proses lainnya yang harus dilalui. Lagipula banyak yang menjual kolak biji salak juga di sepanjang jalan. Tetapi, membuat sendiri tentu saja berbeda dan tantangan buat saya untuk berkreasi dengan menu buka puasa. 

Ini dia kolak biji salak ala saya.

Bahan-bahannya:

  • Ubi merah
  • Tepung tapioca
  • Garam
  • Gula merah
  • Santan
  • Daun pandan

kolak biji salak untuk buka puasa

Cara membuatnya:

  1. Kupas ubinya dan rebus sampai empuk. Setelah empuk, angkat dan haluskan. Kalau sudah empuk, tidak sulit untuk menghaluskan ubi. Menggunakan garpu pun ubi akan hancur dengan mudah. kalau tidak mau repot, coba dihaluskan dengan blender tanpa air.
  2. Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung tapioka lalu uleni sampai kalis. Saya tidak pakai takaran, dikira-kira saja sampai ubi dan tepungnya kalis dan bisa dibentuk. Jangan terlalu sedikit juga tepungnya karena nanti bisa hancur bola biji salaknya ketika direbus.
  3. Setelah tercampur rata, bentuk adonan ubi dan tepung menjadi bulat-bulat seukuran biji salak. Ini nih pekerjaan yang membuat waktu di dapur jadi sedikit lama. Untung saja, anak-anak saya lagi tidak rewel dan anteng main, jadi ibunya juga bisa anteng bikin bola biji salak hehe.
  4. Rebus bola-bola biji salak dalam air mendidih. Kalau sudah mengapung semuanya, berarti biji salak sudah matang.
  5. Sementara itu, di panci yang lain, rebus air, gula merah, sedikit garam, dan dain pandan sampai mendidih dan gulanya larut.
  6. Masukkan biji salak yang sudah matang ke dalam rebusan air gula merah.
  7. Tambahkan santan, aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak kolak biji salak sampai matang.
Alhamdulillah, sudah jadi deh kolak biji salaknya. Ternyata tidak susah, hanya memang butuh waktu untuk merebus dulu ubinya dan membentuk kolak biji salaknya. Lumayan, bikinan sendiri selalu disyukuri dan bisa dinikmati anak-anak untuk menu buka puasa.

Apa menu buka puasa di rumahmu hari ini?


3 comments:

  1. Wah terima kasih resepnya mbak. Ini kesukaan anak lanangku banget. Selama ini kalo mau biji salak beli melulu euy. Hehehe.... Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  2. Dulu nenek nih yang rajin bikin kolak biji salak. Kadang dibikin pakai air daun pandan, biar warnanya hijau. Bulet2innya itu saya masih malas, haha... Padahal enak banget ya pas hangat2.

    ReplyDelete
  3. Pas bikinya sendiri aku jadi, pas bikin bareng suami malah gagal mba Kania diriku haaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...