Monday, June 4, 2018

Ayam Goreng Saus Mentega, Menu Buka Puasa dan Sahur Yang Mudah Dibuat




Daging ayam adalah bahan makanan yang mudah didapat sehingga umum digunakan sebagai bahan masakan di dapur keluarga. Daging ayam juga relative lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi. Daging ayam bisa banget dimanfaatkan untuk menu buka puasa dan menu sahur untuk keluarga. 

Walau begitu, saya dan keluarga sebenarnya membatasi memakan daging ayam dengan alasan diet untuk kesehatan. Beberapa waktu lalu saat memeriksakan mata anak saya, saya diminta untuk mengurangi daging ayam sebagai masakan untuk anak-anak oleh dokter mata yang memeriksa anak. Alasan yang bisa diterima adalah bahwa lemak yang ada pada ayam bisa menghalangi gizi yang penting untuk kesehatan mata anak. Memang saat itu saya cukup sering memasakkan daging ayam untuk anak dan sekarang lebih banyak memasak ikan untuk anak. Padahal anak saya cukup suka dengan daging ayam.

Beberapa hari yang lalu, lagi kangen aja masak daging ayam untuk menu buka puasa dan menu sahur sekeluarga. Lalu saya tak sengaja ketemu resep ayam goreng saus mentega di internet. Tiap pagi, sebelum berangkat belanja ke tukang sayur langganan, saya memang suka googling resep dulu di internet untuk mencari inspirasi menu masakan. Apalagi sedang bulan Ramadan seperti ini, saya harus lebih kreatif lagi berkreasi dengan menu buka puasa dan menu sahur agar keluarga terutama anak-anak semangat buka puasanya.

Seingat saya, saya baru sekali-kalinya memasak ayam goreng saus mentega dan lebih sering mengolah daging ayam menjadi ayam goreng. Saya sudah lupa rasanya seperti apa. Baiklah, kini saya mau mencoba membuat ayam goreng saus mentega untuk menu buka puasa dan menu sahur, tapi disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah karena sebagian bahan yang ada di artikel yang say abaca tidak saya miliki di rumah.

Ini dia yama goreng saus mentega ala saya yang bahan-bahannya saya sesuaikan dengan yang ada di rumah.

ayam goreng saus mentega


Bahan-bahan:

  • Ayam ½ ekor, bersihkan dan potong sesuai ukuran yang diinginkan. Kalau membeli di tukang sayur biasanya sudah dibantu dipotongkan.
  • Mentega
  • Bawang putih, cincang dan sebagian diparut untuk rendaman ayam.
  • Bawang Bombay, cincang.
  • Lemon
  • Jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng
  • Air
  • Garam
  • Gula
  • Lada
  • Kecap inggris (di resep asli). Saya tidak punya kecap inggris. Menurut salah satu artikel kuliner, kecap inggris bisa diganti dengan campuran kecap asin, lemon, tabasco, dan lain-lain. karena di rumah hanya ada kecap asin dan lemon, jadi kecap inggris saya ganti dengan kecap asin dan lemon saja.
  • Saus tiram
Cara membuatnya:

  1. Daging ayam dilumuri dengan air jeruk nipis dan parutan bawang putih, diamkan sebentar.
  2. Goreng daging ayam, lalu tiriskan.
  3. Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum
  4. Masukkan campuran kecap asin dan lemon, saus tiram, mentega,garam, gula, dan lada
  5. Masukkan ayam , aduk dan tambahkan air lalu masak sampai matang
  6. Hidangkan ketika ayam sudah matang
Rasanya? Ya lumayanlah, bangga aja dengan hasil kerja sendiri dan alhamdulillahnya anak saya nambah makan ayamnya. Sisa ayam goreng saus mentega yang dimakan sebagai menu buka puasa, bisa saya simpan di kulkas untuk menu sahur nanti. Kalau mau dibekukan, bisa membuat banyak dan dikemas per porsi atau per empat porsi tergantung berapa banyak orang di rumah, sehingga ketika akan dimakan tinggal keluarkan kemasannya dan dihangatkan. Oh ya, untuk menghangatkan makanan beku, sebaiknya dikeluarkan dalam suhu ruang selama beberapa jam agar makanan yang dibekukan tersebut mencair kemudian baru bisa dihangatkan di wajan.

Selamat mencoba!

3 comments:

  1. Mpo baru tahu bahaya ayam. Ternyata lemaknya. Mungkin pada kulit nya.

    ReplyDelete
  2. Miss hampir tiap hari ikutan masak ayam karena mudah di peroleh

    ReplyDelete
  3. Ayam enak, ngolahnya gampang dan harga juga pas kantong mak i

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...