Sunday, September 27, 2015

Inspirasi Memasak Daging Kurban



Idul Adha sudah berlalu namun suasananya masih terasa sampai sekarang. Buktinya, beberapa potong daging kurban masih ada di lemari es menunggu diolah. Ada yang senasib dengan saya?

Menurut salafus shalih, pembagian daging kurban itu ada tiga. Yaitu 1/3 untuk yang berkurban, 1/3 untuk hadiah ke orang kaya dan non muslim sebagai sarana silaturahim, dan 1/3 untuk fakir miskin. Kalau yang berkurban tidak mau mengambil daging kurbannya, ya tidak apa-apa. 

Alhamdulillah tahun ini suami dapat rejeki dan berkurban. Jadi, kebagian deh daging kurbannya. Sebenarnya bosan sih makan daging terus, tapi mau apa lagi adanya itu. kita Cuma bisa siasati dengan membuat menu yang beragam dan selalu ada sayur dan buah biar seimbang.

Yuk ah, kita memutar otak untuk membuat menu daging ini jadi selalu istimewa.

1.       Daging masak kecap

Segera setelah daging kurban diterima, saya masak daging dikecapin. Soalnya gampang sih, tinggal goreng bawang sama tomat, terus diguyur kecap dan air. Masak sampai matang dengan api kecil.

2.       Semur daging

Yang ini belum coba, hampir mirip sih sama daging masak kecap, Cuma ditambahi santan kayaknya.

3.       Rendang daging

Yang ini belum nyoba juga. Pengalaman sebelumnya, belum sukses masak rendang sampai rasanya seperti yang diinginkan. Padahal bumbu udah seabreg plus bumbu instan. 

4.       Balado ati, daging, kentang, pete.

Yang ini membuat pengguggah selera makan karena ada petenya. Bumbunya bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, terasi, gula merah, garam, dan daun salam. Semua bumbu dihaluskan dan ditumis. Masukkan ati dan daging yang sudah direbus, kentang goreng, dan pete. Masak deh sampai matang.


5.       Sup bakso

Baksonya bikin sendiri. Kata anak-anak sih enak, tapi menurut saya kurang kenyal, kayaknya kurang banyak dagingnya. Waktu googling resep bakso daging, yang saya perhatikan itu komposisi daging dan tepung tapiokanya. Menurut resep yang saya lihat, komposisinya 250 gram daging dan 2 sendok tepung tapioka. Bumbu lainnya sih saya pakai Cuma garam dan bawang putih. Kuah supnya pakai air rebusan bakso ditambah goreng bawang, garam, gula, dan daun bawang.


6.       Nasi Goreng bakso

Karena baksonya masih ada, saya buatkan nasi goreng untuk sesi makan berikutnya. Bakso buatan itu say potong-potong. Bawang merah dan putih serta tomat ditumis. Setelah harum, masukkan daun bawang, telur orak-arik, bakso rumahan, saus tiram, saus kecap, dan garam. Setelah matang, dihias dengan selada dan tomat. Enak!


7.       Rawon pedas

Saya sudah pernah rawon sebelumnya, resepnya ada di sini. Untuk yang kedua ini, komposisi kluweknya trerlalu banyak kayanya jadi agak kental kuahnya. Juga, lupa beli pelengkap si rawon yaitu toge kecambah.

8.       Sup daging

Kalau punya anak-anak tuh paling enak bikin makanan berkuah kayak sup. Kuah makanan membantu anak mengunyah makanan, jadi nggak seret waktu menelan. Apalagi, anak-anak baru pada sembuh dari sakit, harus banyak asupan makanan biar badannya kuat dari penyakit. Makan makanan berkuah biasanya agak banyak makannya. Isi sup ada daging dan sayuran seperti wortel dan kentang. Bumbunya bawang merah dan putih aja ditumis, terus dikasih air, daun bawang, garam, gula. Kalau ingin lebih gurih, biasanya saya banyakin bawang gorengnya.


9.       Sup buntut

Yang ini saya belum pernah masak nih. Rencananya sore ini saya mau coba masak, kebetulan dapat daging buntut sebagian. Deg-degan nih, doain sukses ya!

10.   Spageti saus daging

Kalau spageti, beberapa kali pernah bikin. Kan praktis tinggal rebus spagetinya pakai air dan minyak sedikit. Bumbunya bawang Bombay, jus tomat, saus tomat, daging cincang, garam, dan seledri. Rencananya mau masak ini besok sekalian buat sarapan dan bekal sekolah anak.

11. Sate daging sapi/kambing

Nggak punya alat masak khusus buat bakar membakar euy. Yang lama udah karatan, jadi saya nggak bikin sate tahun ini. Padahal gampang ya, asal siap aja seisi rumah bau asap hehe.

Itulah 11 menu masakan dari daging kurban. Mudah-mudahan nggak ada daging yang terbuang. Share dong menu masakan daging kurbanmu. Siapa tahu bisa menginspirasi saya untuk memasak esok hari.

11 comments:

  1. Kalo dapat daging kambing, aku biasa bikin bestik ala kampung Bustaman yang terkenal olahan kambingnya. Bumbunya cuma bawang meras iris, ditumis dengan mentega. Daging kambing potongnya melawan serat dan agak tipis, campur dengan merica halus dan kecap manis. Nanti masukkan campuran daging ini ke dalam tumisan bawang. Tambahin tomas iris, sama air dan dimasak dengan api kecil yang agak lama, biar empuk. Ini masakan favorit keluargaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bestik berarti makannya sama sayur rebus ya mba...

      Delete
  2. dua tahun terakhir selalu ada di luar kota, jadi ga ngerasain daging kambing :"(

    ReplyDelete
  3. ngeliat makanan bikin ngiler ajaaaa iiii :D

    ReplyDelete
  4. Saya biasa cuma digulai, dibikin semur (ga pakai santan, cuma kecap aja), dibikin sop plus dibuat sate tanpa tusukan (potong kecil2 panggang diteflon aja hahaha)

    ReplyDelete
  5. Kalo kambing enaknya dibuat kare kambing. Maknyuss

    ReplyDelete
  6. di rumah uda masak sate, rawon, kikil, gule, rendang, dendeng ragi hehe

    ReplyDelete
  7. wah, jadi ngiler nih, Mba. Pas banget ini dimakan sama nasi hangat. Terutama yang sop nya, dijamin bikin hidung yang sedang meler jadi lega... cucok utk flu. Hehe

    ReplyDelete

  8. alhamdulillah terimakasih atas informasi mengenai kurban jadi dapat resep baru

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...