Sunday, March 27, 2016

Resep Cilok Sederhana

 resep cilok

Akhir pekan di rumah saya, harus siap sedia makanan yang banyak karena semua anggota keluarga berkumpul. Biasanya kalau tidak ada acara, ya diem aja di rumah. Ada yang nonton, main gadget, baca komik, atau main-main berantakin rumah sepuasnya. Apalagi pas tanggal tua seperti hari Sabtu dan Minggu kemarin. Sudah deh, lebih baik di rumah. Mau jalan-jalan juga gak ada uangnya hehe.

Biasanya saya suka coba-coba resep baru kalau akhir pekan. Itu pun kalau berani. Saya suka takut gagal kalau coba ini itu dan akhirnya jadi mubazir tidak termakan. Tapi akhir pekan kemarin tiba-tiba sajaa terpikir ingin bikin cilok karena terinspirasi setelah mencicipi cilok buatan guru ngajinya anak saya. Alhamdulillah, punya guru ngaji yang baik, suka mentraktir anak-anak didiknya makanan. Salah satunya cilok. Kata guru ngaji anak  saya, dulu waktu dia di pesantren suka buat cilok dengan teman-temannya. Selain murah, cilok juga mengenyangkan. 

Dan..inilah cilok pertama buatan saya..


Bahan-bahan:
  • Tepung terigu
  • Tepung sagu
  • Air mendidih
  • Garam
  • Tekur (bisa di-skip kalau tidak suka, soalnya pas udah jadi sedikit bau telur)
  • Bawang putih
  • Daun bawang
resep cilok
ciloknya sudah jadi niiih


Cara membuatnya:
  1. Haluskan bawang putih
  2. Potong-potong daun bawang
  3. Masukkan bawang putih dan daun bawang ke wadah. Tambahkan garam, tepung terigu dan tepung sagu.
  4. Tambahkan telur dan air mendidih
  5. Bentuk bulat-bulat
  6. Rebus ke air mendidih sampai matang
Cilok yang sudah jadi pun siap dinikmati. Cilok disajikan dengan saus cabai dan kecap. Karena lagi gak punya saus cabai, saya pakai saus kecap yang diberi irisan cabai rawit. Alhamdulillah, tandas juga disantap anak-anak.

Selamat mencoba!


7 comments:

  1. Ternyata bikin cilok lumayan gampang, kebetulan jenis tepungnya dah ada nih, tinggal praktek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, tapi kayanya kalo ga pake telur lebih asik kenyalnya :)

      Delete
  2. gampang juga buatnya, biasanya beli ke penjual yg lewat depan rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gampang, ga ada yg jual di sekitar rumah saya

      Delete
  3. bagus resepnya mbak, biasanya adek pr sya yang buat..nice artikel.. :)

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ya mbak atas resep ciloknya :) ternyata bikin cilok itu mudah sekali ya mbak ?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...