Monday, March 20, 2017

Membuat Bawang Hitam Sendiri di Rumah

Bawang hitam? Memangnya ada? Ya, ada. Bawang hitam merupakan bawang putih yang sudah melalui proses pemanasan sehingga warnanya menjadi hitam. Bawang putih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Secara umum, manfaatnya untuk mengurangi peradangan (mengurangi risiko osteoarthritis), meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (antibakteri, antijamur, antivirus, dan sifat antiparasit), meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi (melindungi terhadap pembekuan, menghambat plak, meningkatkan lipid, dan mengurangi tekanan darah), serta beracun untuk 14 jenis sel kanker (termasuk otak, paru-paru, payudara, dan pankreas). Kita bisa googling di website-website kesehatan tentang manfaat bawang putih yang sudah diteliti secara ilmiah.


cara membuat bawang hitam menggunakan magic jar

Namun jika dikonsumsi langsung, rasa bawang putih kurang enak karena pahit dan panas. Oleh karena itu bisa disiasati dengan mengonsumsi bawang hitam yang rasanya manis. Bawang hitam ini dikembangkan di Korea dan sangat popular sebagai makanan kesehatan karena kandungan antioksidannya lebih tinggi dibanding bawang putih segar.

Pertama kali saya mencoba bawang hitam beberapa waktu lalu. Suami membawa oleh-oleh bawang hitam, satu toples kecil harganya lumayan mahal sekitar 90 ribuan. Baunya terasa tidak enak, bau bawang putih yang menyengat. Namun ketika saya coba kunyah, wow ternyata rasanya manis dan teksturnya agak kenyal seperti jelly. Bawang hitam ini bisa menjadi cemilan yang menyehatkan nih buat saya dan suami, karena anak-anak tidak terlalu suka dengan baunya.

Akhirnya saya googling cara membuat bawang hitam sendiri di rumah biar lebih hemat. Ada beberapa cara, diantaranya memakai pan, oven, dan magic jar. Karena punya magic jar lama yang tidak terpakai, saya gunakan magic jar untuk membuat bawang hitam. Alat dan bahan yang diperlukan adalah 1 buah magic jar, 1 buah saringan stainless steel, kertas karton, dan bawang putih. Begini tahapan membuat bawang hitam sendiri di rumah menggunakan magic jar.

1.       Siapkan magic jar
2.      Masukkan wadah atau panic magic jar yang biasa kita pakai memasak nasi
3.   Masukkan saringan stainless ke dasar magic jar secara terbalik. Atau, bisa menggunakan bahan lain yang tahan panas agar bawang putih tak langsung terkena dasar magic jar
4.      Masukkan kertas karton yang sudah dipotong seukuran diameter magic jar.
5.      Masukkan bawang putih
6.   Setel magic jar dalam mode warm, tunggu sampai menghitam selama kurang lebih 10-14 hari. Boleh mengistirahatkan magic jar setiap hari, misalnya selama 2 jam per hari.

Selama semingguan, bawang putih sudah mulai berwarna kecoklatan. Setelah itu, sering ditengok saja, kalua sudah hitam dan teksturnya lembut ketika ditekan bawang putih bisa langsung diangkat. Jangan terlalu lama karena bisa mengeras dan rasanya pahit. Bawang hitam yang pas memasaknya, rasanya manis legit.

Selamat mencoba! 


25 comments:

  1. Saya pernah menguyah bawang putih mentah, ampun rasanya memang panas sampai ke kepala. Jadi kepingin mencoba bawang hitam ini. Hanya membuat sendiri ribet ya, nanti kalau pas ketemu ada yang menjual, kepingin beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ribet sebenarnya, tapi biar pas matenngya emang harus sering ditengk :)

      Delete
  2. Waduhhh.. Mau coba tp takut gosong dan pahit..wkwkwk..

    ReplyDelete
  3. Ini cemilan yg srg bgt dimakan ama temen2 kuliah ku dulu, yg dr China. Aku saking herannya prnh nanya, itu enak yaa? Aku ngeliatnya aja g selera jujurnya mba. Dia lgs mamerin dpn aku, seolah2 itu makanan terenak hahahaha :D. Tapi ttp aku g mau coba sih.

    Lucunya, ada temen kuliahku yg lain, WN india yg ngeliat temen2 China ini ngemilin bawang putih, dia lgs protes. Kalo bawang putih sbnrnya ga bgs utk tubuh. Dia memang menghancurkan bakteri dan sel2 jahat, tp sel2 baikpun jg ikut hancur. Itu katanyaaaa :D. Jd mereka ini smpt debat kusir pokoknya ttg manfaat bawang putih. Aku jd penengah aja mbak :D. Ttp ga pgn nyobain :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya mba, saya perlu cari info lagi nih ..

      Delete
  4. Malah baru tahu aku mbak..ada bawang hitam. Kok bisa manis ya mbak..padahal klo mentah rasanya "pengar". Jd ingat..dulu anakku aku sapih dengan bawang. Aku parut, taruh diputing..kapok nggak mau ASI lagi

    ReplyDelete
  5. lama juga yaa mba sampai 14 hari

    ReplyDelete
  6. wah saya coba berkali kali mbak rasanya pahitt ...apa salah teknisi ya mbak ning

    ReplyDelete
  7. Bawang hitam... hmmm ..hati2 bawang merah dan bawang putih akan dapat pesaing baru sekarang..

    ReplyDelete
  8. saya baru tahu caranya gitu mbak, akan saya coba. bwang putih kdng suka saya makan buat obat kolestrol heheh

    ReplyDelete
  9. Saya sering pakai bawang putih untuk meredakan sakit gigi. Rasanya aduhai, tapi lumayan bisa meredakan beneran. Kalau masalah rasa, iya kurang enak. Dan saya baru tau bawang putih warna hitam gini.

    ReplyDelete
  10. Baru denger ada bawang hitam, unik dan lucu ya hihi

    ReplyDelete
  11. Kirain bawang hitam tu krn tanamannya emang ngasilin bawang berwarna hitam dr sononya, ternyata buatan to? Wah khasiatnya bagus ya :D

    ReplyDelete
  12. Baru tau kalo ada bawang hitam,
    Tp blm banyak yg jual ya mbak

    ReplyDelete
  13. Mba,saya nyoba d rmh tp jadinya agak pahit kulitnya rada2 gelap. Apa masi bagus dimakan walaupun agak pait2 gitu

    ReplyDelete
  14. Mba,apa bawang hitam yg pahit masi bisa dimakan . Saya bikin d rmh baru 10 hari pdhl uda pait

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih rasanya manis ya. oh ya saya ada cara baru lebih cepat dengan cara dibungkus alfol dulu bawangnya baru dimasukkan magic jar tanpa perlu dikasih alas lebih cepat biasanya 6 hr udah hitam dan manis

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...