Saturday, July 1, 2017

Nasi Tim Jamur Bakso Untuk Si Kecil Yang Demam

Masih dalam suasana Idul Fitri nih, saya mengucapkan selamat idul Fitri ya untuk anda yang merayakan. Perayaan Idul Fitri di tanah air biasanya identik dengan makanan yang melimpah, kebersamaan dengan keluarga dan perjalanan. Saya sekeluarga pun demikian, menikmati Idul Fitri bersama keluarga besar sambil menikmati berbagai jamuan dari keluarga satu ke keluarga lainnya.

Anak-anak sangat menikmati momen Idul Fitri ini karena bisa berkumpul dengan anggota keluarga yang jarang bertemu. Beberapa hari sebelum Idul Fitri, saya sudah pulang ke kampung ke Kota Kuningan, Jawa Barat. Lalu menjelang Idul Fitri, saya sekeluarga silaturahmi ke keluarga di Kota Subang, Jawa Barat. Dan sesudah idul Fitri saya sekeluarga mengunjungi keluarga yang ada dia Bandung. Hari kedua Idul Fitri, saya sekeluarga sudah ada di rumah kembali di daerah Tangerang. Kami memang harus segera pulang karena pekerjaan suami menuntutnya demikian.


Di rumah, saya kembali disibukkan dengan pekerjaan rutin mengurus rumah tangga. Karena masih suasana libur lebaran, komplek perumahan masih sepi. Tidak ada anak yang bermain di lapangan dekat rumah. Si sulung pun masih berlibur di rumah saudara. Kasian gadis kecil saya, tidak ada teman main. Maka saya pun bermaksud mengajaknya jalan-jalan sekalian belanja, kebetulan tukang sayur langganan belum berjualan karena masih di kampung.

Eh tapi, betapa kecewanya saya karena si kecil tiba-tiba demam dan kadang diare. Mungkin dia kelelahan setelah perjalanan menempuh beberapa kota sehingga imunitas tubuhnya terganggu. Dia tidak semangat main dan makan sehingga saya harus berfikir keras agar dia lahap makan, supaya ada asupan nutrisi ke badan yang membantu proses penyembuhannya.

bakso kuah instant sapi so good


Kebetulan saya punya stok makanan siap masak dari SO GOOD di kulkas, salah satunya adalah bakso kuah instan sapi. Saya pun membuat makanan yang lunak untuk si kecil agar ia mau makan banyak sehingga tubuhnya berenergi, yaitu nasi tim. Bakso sapi So Good mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan natrium/sodium yang dibutuhkan tubuh. Kita bisa lihat kandungan gizinya di kemasannya.

Sementara itu, jamur bisa membantu produksi sel darah putih sehingga tubuh berenergi kembali. Jamur memang sayuran kesukaan gadis kecil saya karena rasanya kalau dimasak mirip daging. Berikut ini adalah nasi tim jamur bakso ala saya,  masaknya praktis aja nggak ribet yang penting anak suka dan mau makan.

Bahan-bahan:
  • 1 bungkus bakso kuah instan sapi SO GOOD
  • Nasi matang
  • Jamur yang sudah direbus
  • Daun bawang
Cara membuatnya:
  1. Didihkan dua gelas air atau sebanyak 400 ml air, lalu masukkan bakso SO GOOD ke dalam air mendidih selama 4 sampai 5 menit.
  2. Tuangkan bumbu ke dalam mangkuk terpisah atau langsung ke dalam panci. Karena saya memasak bakso untuk si kecil, saya skip cabainya.
  3. Setelah bakso dan kuahnya matang, taburi dengan bawang goreng dan daun bawang.
    bakso kuah instant sapi so good

  4. Siapkan panci lain untuk mengukus dan rebus air sampai mendidih di panci tersebut.
  5. Masukkan satu centong nasi ke dalam mangkuk tahan panas, tuang jamur rebus yang sudah dipotong-potong ke atasnya, lalu siram dengan kuah bakso sapi SO GOOD dan kukus sampai menjadi nasi tim yang lembut.
    nasi tim jamur bakso

  6. Setelah nasi tim siap, guyur dengan bakso seta kuah baksonya. Nasi tim jamur bakso untuk si kecil yang sedang demam siap disantap.
Mudah kan membuatnya. Memmang mengukusnya agak lama, sekitar 20 menitan. Namun tak harus kita tunggui. Kita bisa tinggal sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang lain.

nasi tim jamur bakso so good



Alhamdulillah, gadis kecil saya suka banget nasi tim jamur baksonya. Ia memakannya sampai tandas. Jamur, bakso, dan kuahnya yang sedap menggugah selera makannya. Semoga dengan terpenuhinya nutrisi tubuhnya, gadis kecil saya akan segera sehat dan bisa bermain kembali dengan gesit dan ceria.

15 comments:

  1. Kalo lihat nasi Tim jadi inget jaman aku operasi amandel. Tiap hari selama seminggu makan nasi tim ati ayam. Hahaha. Terus jadi ketagihan,bekas operasi amandelnya udah sembuh, masih minta terus. Ya jelas ga dibikinin lah ama emak. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok buat yang kurang sehat ya soalnya lebih lembut dari nasi biasa

      Delete
  2. nasi tim baksonya enak banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata anak saya enak, terlebih ditambah jamur

      Delete
  3. wah..aku sering beli baso ini.. gak ngeh dari so good..hi2

    ReplyDelete
  4. Wah, baksonya nyummy so good ini, ya mbak. Dan cara penyajiannya mudah sekali.

    ReplyDelete
  5. Cara mengolah dan menyajikannya mudah banget za, jadi pengen nyoba buat

    ReplyDelete
  6. Kebetulan aku lagi flu nih, kayaknya enak makan yang hangat gini

    ReplyDelete
  7. Hmm... seger kayaknya makan ini, kuahnya di sruput :)

    ReplyDelete
  8. nasi tim...aww nikmat. apalagi pakai bakso so good

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...