Monday, May 18, 2020

Menu Masakan Berbahan Jamur Tiram


Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang bisa dimakan dan dengan mudah ditemui di pasar. Kandungan nutrisinya juga banyak dan bermanfaat untuk kesehatan. Jamur tiram dipercaya dapat mengurangi kolesterol, jantung lemah, sebagai antikanker, serta dipercaya mempunyai khasiat obat untuk penyakit lever, diabetes dan anemia.

 Sayangnya nih jamur tak bisa tahan lama, harus segera dimasak segera setelah dipanen atau setelah kita beli dalam keadaan segar. Bisa  sih disimpan di kulkas dengan dibungkus kertas terlebih dulu. Tapi tentu saja tak bisa lama-lama.


Nah, di masa social distancing seperti ini, jika mengetik bahan makanan usahakan memasak bahan makanan yang cepat basi terlebih dulu seperti si jamur tiram. Bingung diapain aja, bisa browsing di internet dan cari berbagai menu masakan berbahan jamur tiram. Beberapa menu masakan ini adalah contoh masakan yang berbahan jamur tiram.

1. Jamur tiram goreng tepung

Jamur tiram goreng tepung

Ini salah satu masakan berbahan jamur yang disukai anak-anak karena rasanya yang enak, lembut di dalam seperti daging ayam dan renyah di luar dari balutan tepungnya. Resep jamur tiram goreng tepung ala ibu saya, yaitu dengan mencuci terlebih dulu jamurnya dan memeras air yang terkandung di jamur sampai jamurnya tak terlalu banyak mengandung air. Lalu siapkan plastik, isi plastik dengan tepung bumbu instan, masukkan jamur, aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dan goreng deh jamurnya. Hasilnya, jamur goreng tepung yang renyah!

Cara lainnya adalah dengan membersihkan jamur menggunakan sikat sampai tak ada kotoran yang menempel. Lalu buatlah adonan tepungnya dengan mencampur tepung terigu, tepung maizena, bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, lada, dan air. Lalu celupkan jamur pada adonan tepung dan goreng sampai kecokelatan.

2. Omelet Jamur tiram

Jamur bisa juga dijadikan isian omelet. Cincang jamur tiram dan masukkan pada adonan telur. Tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang, garam, lada, dan cabai jika ingin rasanya pedas. Lalu panggang omelet jamur tiram sampai matang. Rasa jamur yang lembut dan mirip daging akan menambah rasa omelet menjadi lebih nikmat.

Omelet jamur tiram


3. Tumis Jamur Tiram

Jamur bisa dikreasikan dengan ditumis bersama bahan makanan lain seperti wortel, kacang polong, dan sebagainya. Tumis bawang terlebih dahulu, baru masukkan jamur tiram dan bahan lainnya yang tersedia di rumah. Tambahkan bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir dan pada serta sedikit air, lalu masak sampai matang.

Tumis jamur tiram


4. Sop Jamur Tiram

Jamur bisa dikreasikan dengan dibuat slop jamur tiram bersama bahan masakan lain. Hampir sama dengan tumis jamur tiram, bedanya pada sop jamur tiram ditambahkan air lebih banyak seperti sop pada umumnya. Tumis bawang terlebih dahulu, baru ditambahkan jamur tiram, bahan makanan lain, air dan bumbu-bumbu, kemudian masak sampai semua bahan matang.

5. Pepes Jamur Tiram

Ini tak kalah nikmat dengan masakan lain berbahan jamur tiram. Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan bumbu-bumbu terlebih dahulu, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabai. Lalu campurkan jamur tiram yang sudah disuwir dengan bumbu halus, telur, lengkuas, sereh, salam, dan kemangi. Boleh juga ditambahkan tahu yang dihapuskan jika ada. Lalu adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

Nah, diantara kelima masakan tersebut mana yang kamu suka? Apakah kamu punya menu lain berbahan jamur tiram? Share yuk di kolom komentar!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...