Saturday, September 4, 2021

Resep Ayam Goreng Tepung Enak dan Hemat

Ayam goreng, semua anak pasti suka menu yang satu ini termasuk anak-anak saya. Semua menu ayam biasanya anak saya suka: ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng serundeng, ayam goreng tepung, dan lain-lain. Nah, yang terakhir, ayam goreng tepung, identik dengan ayam goreng yang dibeli di restoran ya. Namun kali ini saya ingin mencoba membuat sendiri di rumah biar lebih hemat, sehat dan puas makannya karena bisa nambah.

Resepnya saya dapat di Xander Kitchen di Cookpad. Resepnya praktis banget, bahannya mudah didapat. Walau masaknya agak belepotan karena di dapur pasti jadi banyak tepung berserakan. Ini nih resep ayam goreng tepung yang saya bikin buat anak-anak.

Bahan-bahan:

  • 1/2 ekor ayam, potong-potong dan bersihkan. Saya lebih suka dipotong agak kecil-kecil biar mudah aja menggorengnya dan jadi banyak hihi.
  • 3 siung bawang putih
  • Garam dan lada secukupnya
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena (kalau lagi gak ada stok, saya suka pakai tepung beras)
  • 1 butir telur, kocok lepas
Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, campur dengan garam dan lada. 
  2. Marinasi ayam dengan campuran bawang putih. Boleh didiamkan dulu biar bumbunya meresap. Tapi saya kadang suka langsung dieksekusi karena waktunya suka mepet ke jam makan.
  3. Balurkan ayam ke telur lalu gulingkan ke campuran tepung terigu dan maizena, pijat-pijat dan tepung biar bumbu merata lalu goreng di minyak panas dengan api kecil sampai matang dengan warna kuning kecokelatan. 
  4. Kalau sudah matang, sajikan deh!
Rasanya enak loh dan gak kalah dengan ayam goreng tepung di restoran. Cobain deh, walau tepungnya gak pakai garam tapi tetap terasa bumbunya karena waktu dimarinasi sudah pakai garam.

resep ayam goreng tepung



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...