Sunday, February 22, 2015

Roti Tawar Bakar Praktiiiiis Banget

Pagi hari adalah waktu tersibuknya para ibu. Bagaimna tidak, ia harus menyapkan sarapan, bekal makan siang dan snack anak bahkan suami, sekaligus melakukan pekerjaan rutin rumah tangga seperti mencuci, menyapu, mengepel, dan lain-lain. Bisa dibayangkan 'kerusuhan' yang terjadi, ayah buru-buru berangkat, ibu buru-buru menyiapkan masakan, anak-anak menjerit minta ini dan itu. Haha, tidak segitunya kali ya kalau ibu tenang, kalem, dan bisa memanajemen semuanya.

Sekarang saya memilih menu sarapaan yang praktis saja daripada rusuh tak menentu. Dulu ayahnya anak-anak sarapan buah, sekarang apa saja yang disiapkan jika sempat dimakannya. Anak-anak apalagi, apapun yang disiapkan ibunya biasanya mau saja. Tentu saja, ibu harus mengeluarkan 'rayuan maut' agar mereka mau makan apa yang disiapkan ibunya.

Salah satu menu sarapan yang sedang 'hits' di rumah saat ini adalah roti tawar bakar. Buatnya gampaaang banget, praktiiis banget.


Awalnya saya coba buat french toast untuk sarapan, yaitu roti yang dicelupkan di campuran telur dan susu lalu dipanggang. Tapi ternyata tampilan rotinya jadi gosong dan bau telur, menurut saya. Jadi saya coba cara sederhana saja dan ternyata keluarga suka.

Bahan yang perlu disiapkan:
  • Roti tawar
  • mentega
  • Gula pasir
Cara membuatnya:
  • Olesi roti dengan mentega.
  • Taburi gula pasir sesuai selera. Kalau saya tidak terlalu suka manis, jadi gula pasirnya sedikit saja.
  • Sementara sedang menyiapkan roti, nyalakan pan dengan api kecil.
  • Lipat roti, bentuk segitiga atau persegi panjang sesuai selera. Olesi bagian luarnya dengan mentega, sedikit saja.
  • Taruh di atas pan dengan kematangan sesuai selera. Kalau anak-anak tak suka terlalu gosong karena akan menjadi keras. Mereka suka warna mentega di kulit luar roti sampai berwarna kuning tua.
  • Balik roti dann sajikan, enak dimakan hangat. 
Selamat mencoba.

10 comments:

  1. kalau saya suka dikasih meises dalemnya mak lalu dipanggang. enak :)

    ReplyDelete
  2. sekarang kalau sarapan juga anak-anak saya praktis. Cukup cereal hehe

    ReplyDelete
  3. Aku sukanya ya yg simple gini mak krn gak suka selai dll. Enak kan gurih2 dr mentega. Tp sy pakai toaster.

    ReplyDelete
  4. Waaaaaaaaaaaa Roti tawar ini menjadi menu fav anak anak saya di kala pagi,. Biasanya sih cukup di Olesi Selai Nanas atau coklat. Kadang diselipi dengan Keju. Dua tangkup roti dan segelas susu. Hiehiehiee

    Nah sekarang ada Roti bakar dengan variasi cara pengolahan dan penyajian yang baru. Saya catat dan Insya Allah akan segera di praktekkan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...