Sunday, July 26, 2015

Nasi Goreng Kunyit

Sedih deh kalau masak masih bersisa dan tak bisa dimakan lagi. Misalnya saja kemarin, masak sayur bayam untuk makan siang dan tak habis sampai sore. Bayam hanya bertahan 4 sampai 5 jam saja setelah dimasak. Lebih dari itu, zat besi dalam bayam akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia yang bersifat racun bernama Ferro.

Akhirnya buat makan malam saya memutar otak untuk membuat suatu hidangan dengan bahan yang ada di rumah. Jika minim bahan, seringnya sih nasi goreng jadi andalan untuk salah satu menu makan. Soalnya saya selalu sedia telur di kulkas. Ada sisa 2 ekor ikan lele goreng di meja makan. Tapi, rasanya ga cocok kalau disuwir dan dimasukkan ke nasi goreng. Jadi si lele saya suapkan ke anak-anak aja. Dan, untuk makan malamnya saya putuskan buat nasi goreng kunyit.


Tapi, lupa nih bahan-bahannya apa aja ya bikin nasgor kunyit. Saya googling dan ketemu resep nasgor kunyit pedas-nya mba Monica Rampo. Seperti biasa, saya modifikasi dengan bahan yang ada. Dan, jadilah nasi goreng kunyit ala saya.

Bahan-bahan:
  • 2 piring nasi putih
  • Daun bawang
  • 1 butir telur
  • 3 buah bakso, potong-potong (Kalau mba Monica, pakai teri. Mm, uenak)
  • 1 buah tomat
  • Kecap manis (Mba Monica pakai kecap asin)
Bumbu-bumbu:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • kunyit 
  • Garam
  • Lada
  • (Kalau mau pedas pakai cabe juga, berhubung saya sekalian buat nasgor kunyit buat anak, saya ga pakai cabe)
Cara membuat:
  1. Haluskan bumbu-bumbu, saya pakai blender soalnya pengen halus banget bumbunya.
  2. Tumis bumbu sampai harum.
  3. Masukkan telur, aduk-aduk sampai telur berbutir.
  4. Masukkan daun bawang.
  5. Masukkan nasi, bakso dan kecap. Aduk sampai tercampur rata.
  6. Setelah matang, tambahkan tomat yang dipotong-potong.
  7. Biar lebih sedap, bisa ditambah kerupuk. Kalau saya, kebetulan masih ada oleh-oleh mudik nih. Saya beri kerupuk tempe renyah untuk teman makan nasi goreng kunyit.
Oh ya, untuk yang menerapkan pola makan food combining, telur dan bakso bisa diganti dengan sayuran seperti brokoli, wortel, dan sebagainya. Minimalis ya, tapi sedap kok.

Selamat mencoba.


7 comments:

  1. uwiiiih.layak dicoba nih.saya blm prnh menmbahkn kunyit ke nasgor.jd pengen adaptasi resep ah.. mksh mba kania cantik.anak2 pasti bilang yummi :D

    ReplyDelete
  2. Bisa dicontek nih resepnya, endezz banget sepertinya. Aroma kunyit bikin tambah selera ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aroma kunyit dan bawang nya masih tercium di dapur beberapa jam setelah masak mak...

      Delete
  3. seru banget anak-anak makan nasi gorengnya...
    iya mba suka sayang ya kalau sayur bayam kebuang gitu, pernah juga sih saya alami harus buang sayur bayam yang tidak termakan..demi..

    ReplyDelete
  4. Waahh tempo hari saya juga br coba buat nasi goreng kunyit ini Mak...trnyata enaakk yaa. Sy baru tau kl kunyit bisa jd bumbu tambahan nasgor, hehe. Katanya mah ini nasi gorengnya urang Sunda ya Mak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...