Tuesday, June 7, 2016

Rahasia Membuat Ayam Goreng Serenyah Ayam Kentucky

"Nak ayam goreng..nak ayam goreng..."

Ingat nggak, siapa yang suka mengatakan kalimat itu? Yup, si kembar Upin dan Ipin yang sempat jadi tontonan favorit anak saya yang besar. Sekarang dia emang sudah gak terlalu banyak menonton kartun Upin dan Ipin, malah adiknya yang sesekali suka menonton Upin dan Ipin. Tapi, meski begitu si sulung selalu ingat kalau Upin dan Ipin suka sekali ayam goreng dan setiap ayam goreng disajikan pasti mereka meneriakkan kalimat di atas.

Dua anak saya juga suka sekali semua olahan ayam termasuk ayam goreng. Apalagi kalau ayam yang dibalut tepung seperti di restoran fast food, mereka bisa nambah makan berkali-kali.

Untuk memperluas wawasan memasak, saya ikut cooking class yang diadakan Sriboga EasyMix di Sriboga Customer Centre, Plaza Bisnis Kemang pada 2 Juni lalu. Salah satu resep yang dibuat oleh peserta cooking class dengan panduan chef Citra adalah Crispy Chicken Burger, atau burger dengan isian ayam goreng yang renyah. Berikut saya share resep Crispy Chicken Burger ala Sriboga EasyMix.


sriboga easymix
berbagai produk Sriboga di Sriboga Customer Centre
Bahan:
  • 5 buah fillet ayam
  • 800 ml minyak goreng
  • 5 buah burger bun, dibelah jadi dua.
  • 10 lembar daun selada
  • 2 buah tomat merah, iris tipis.
  • 5 buah keju cheddar lembaran
  • 5 sdm mayones untuk olesan
 Bahan coating chicken:
  • 50 gram Sriboga EasyMix Crispy Ala kentucky (untuk coating basah)
  • 100 ml Air dingin
  • 100 gram Sriboga EasyMix Crispy Ala Kentucky (untuk coating kering)

sriboga easymix crispy ala kentucky
Bahan-bahan crispy chicken burger
Cara membuat:
  1. Campur 50 gram Sriboga EasyMix Ala Kentucky dengan air dingin, aduk dengan menggunakan balloon whisk.
  2. Gulingkan fillet ayam ke dalam 100 gram adonan kering Sriboga EasyMix Crispy Ala Kentucky lalu gulingkan ke 50 gram adonan basah yang tadi dibuat. 
  3. Gulingkan lagi ke adonan kering sambil diremas-remas. Proses ini dinamakan three coating karena ayam dimasukkan ke adonan tepung sebanyak tiga kali untuk mendapat hasil kerenyahan tepung yang maksimal. Inilah rahasinya kenapa ayam goreng buatan sendiri bisa renyah seperti ayam Kentucky.
  4. Goreng dalam minyak dengan suhu 170 derajat selama 11 menit. Menggoreng ayam butuh waktu lebih lama untuk mengatasi bakteri salmonella yang terkandung dalam daging ayam. Juga, agat ayam matang sempurna tidak ada darah yang tersisa di ayam goreng.
  5. Oleskan burger bun dengan mayones, lalu susun selada, ayam goreng yang sudah ditiriskan, tomat, dan keju.
  6. Tutup dengan roti burger.
 
sriboga easymix crispy ala kentucky
crispy chicken burger
 
sriboga easymix crispy ala kentucky
berdampingan dengan kentang goreng, resep kentangnya ada di sini
Crispy Chicken Burgernya sudah jadiiii. Saya bawa pulang untuk anak saya yang suka sekali dengan burger. Sampai rumah, anak saya yang besar sempat ngambek karena gak diajak ikut ke acara cooking class, dan cemburu karena yang ikut malah adiknya. Tapi saat saya sodorin Crispy Chicken Burger hasil buatan saya di cooking class, ngambeknya nggak jadi dan dia langsung menyantap Crispy Chicken Burger dengan lahap. Hehe, suap menyuap yang seperti ini boleh kan ya. 

Beberapa hari setelahnya, saya mencoba mempraktekkan hasil cooking class dengan membuat ayam goreng ala kentucky menggunakan Sriboga EasyMix Crispy Ala Kentucky yang saya punya. Yang saya suka dari tepung Sriobga EasyMix adalah tanpa MSG dan sudah bersertikasi halal, jadi aman dan nyaman untuk dikonsumsi. Inilah resep crispy chicken yang saya buat.
Bahan:
  • 4 potong ayam goreng, saya merebusnya dan menusuk-nusuknya agar nanti ketika digoreng matang sampai dalam.
  • Tepung Sriboga EasyMix Crispy Ala Kentucky
  • Air dingin
Cara membuat:
  1. Proses coatingnya sama dengan saat membuat Crispy Chicken Burger, yaitu melalui tahap three coating. Ayam diglingkan ke adonan kering, lalu masukkan ke adonan basah, dan gulingkan lagi ke adonan kering sambil diremas-remas.
  2. Goreng ayam sampai matang.
sriboga easymix crispy ala kentucky
Praktek di rumah membuat ayam goreng menggunakan tepung Sriboga EasyMix Crispy Ala Kentucky
Sekarang sedang Bulan Suci Ramadan, biasanya anak malas bangun untuk makan sahur. Padahal sahur itu banyak berkahnya. Biar anak semangat makan, gak ada salahnya menyajikan menu crispy chicken. Kita bisa menyimpan ayam yang sudah dilumuri tepung di kulkas, lalu menggorengnya saat sahur. Membuat crispy chicken sendiri untuk keluarga tentu lebih sehat dan hemat kaaaan. Selamat mencoba ya, dan selamat berpuasa!

10 comments:

  1. Waw udah nyobain ya bikin ayam gorengnya. Aku baru on the way nih :D

    ReplyDelete
  2. praktis kalau buat sahur ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau sorenya udah disiapin tinggal digoreng pas sahur

      Delete
  3. sriboganya bisa di dapat dari mana mba? anak2 saya suka banget sama ayam, kayak upin ipin hehe... apalagi kalo crispy

    ReplyDelete
    Replies
    1. sriboga di supermarket udah bisa dibeli mba :)

      Delete
  4. Oh..pantas, digulingkan dan diremasnya sampai 3 kali ya..supaya ayamnya leboh crispy. Saya hanya diremas-remac sekali saja :)

    ReplyDelete
  5. Jadi praktis ya.
    Mau cb tepungnya ah.
    Anak-anak suka banget sama fried chickhen ala kentukcy

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya smua anak suka yg renyah2 seperti ini ya mba

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...