Sunday, June 5, 2016

Tiga Menu Dari Pisang Untuk Buka Puasa

Di masyarakat kita sudah terbiasa berbuka puasa dengan yang manis. Mungkin karena dalam beberapa hadist dianjurkan berbuka dengan kurma. Rasa kurma yang manis bisa menguatkan tubuh sehingga orang beranggapan berbuka diharuskan dengan yang manis. Padahal hal tersebut tidak wajib, karena Rasulullah sendiri hanya berbuka puasa dengan air ketika tidak ada kurma seperti dikatakan hadist berikut.

Biasanya Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib), Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang). Jika tidak ada tamr, maka beliau menguk beberapa teguk air.” (Hadist Riwayat Abu Daud No. 2356)

Saya sekeluarga sendiri paling suka berbuka puasa dengan buah-buahan dan diolah dengan berbagai resep yang berbeda setiap hari agar tidak bosan. Salah satu buah kesukaan kami sekeluarga adalah pisang. Bulan puasa atau bukan, pisang kadang-kadang ada di meja makan untuk camilan sehat sekeluarga.


Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Mangan, Kalium, Serat, Protein, Magnesium, Polat, Riboflavin, Niacin, dan Besi.

Menu dari pisang berikut ini bisa jadi variasi menu ta’jil untuk berbuka puasa, yaitu:

kolak pisang



Kolak untuk berbuka puasa jadi salah satu tradisi di masyarakat kita. Dalam satu bulan puasa, pasti ada menu kolak di rumah walau tidak tiap hari. Salah satu kolak berbahan pisang dan saya biasanya pakai pisang nangka karena ketika direbus tidak terlalu lembek. Membuat kolak pun gampang. Saya biasanya cemplungin semua bahan saja sampai matang. Bahan untuk membuat kolak pisang adalah pisang, gula merah, santan, garam sedikit, dan daun pandan. Boleh ditambah bahan lain sebagai pelengkap seperti kolang-kaling atau ubi.

2.Es pisang ijo

sumber

Es pisang ijo adalah makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Dulu ada penjual es ini di komplek rumah. Beberapa kali saya pun jadi pembelinya. Rasanya segar sekali untuk berbuka puasa. Es pisang ijo, terdiri dari bubur beras putih, es serut, pisang yang dibungkus tepung berwarna hijau, dan sirup. Untuk membuat sendiri es pisang ijo, saya belum pernah.

3. Pisang goreng

Sesekali berbuka dengan gorengan gak apa-apa kan, hehe, karena kadang-kadang menu yang sama membuat bosan. Pada hari Kamis, 2 Juni lalu, saya mengikuti cooking class bersama Chef Citra dari Sriboga EasyMix. Bertempat di Plaza Bisnis Kemang, Chef Citra membimbing peserta cooking class membuat menu dari produk-produk Sriboga EasyMix. Produk Sriboga EasyMix yan kami pakai waktu itu adalah tepung goreng pisang, tepung serbaguna, tepung tempura, dan tepung Kentucky.

Sriboga EasyMix
Chef Citra dari Sriboga EasyMix

Salah satu menu yang kami buat adalah sate pisang. Berikut saya share resep sate pisang yang dibuat berdasarkan petunjuk Chef Citra.

Bahan batter goreng pisang:
Bahan:
  • 10 buah pisang kapok, potong menjadi 2 atau 3 bagian.
  • 800 ml minyak goreng
  • Saus cokelat atau saus lainnya sesuai selera.
Cara membuat:
  1. Campur Sriboga EasyMix pisang goreng dengan air dingin, aduk dengan balloon whisk.
  2. Celupkan potongan pisang kepok ke dalam adonan batter.
  3. Goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan, kemudian tiriskan.
  4. Tusuk pisang dengan tusukan sate, tata di piring.
  5. Beri saus sesuai selera, saya pakai saus cokelat dan saus strawberry. yummy
sate pisang
sate pisang hasil cooking class
Weekend kemarin, saya pun mencoba membuat pisang goreng menggunakan tepung Sriboga EasyMix Pisang Goreng, Cara membuatnya sama seperti saat cooking class, hanya saja saya tidak memakai tusukan sate dan saus cokelat karena memang tidak punya stok. Saat adonan tepung pisang goreng dicampur air, wangi vanili sudah tercium. Harum sekali, saya tak perlu menambahkan apa-apa lagi.

Pisang goreng dan segelas teh hangat atau dingin untuk berbuka puasa, Kenapa tidak? Dengan apapun kita berbuka, semoga Allah SWT memberikan keberkahan pada setiap rejeki yang masuk ke mulut kita. Selamat berpuasa!

pisang goreng
Pisang goreng tanpa saus coklat tetep enak ^^

Sumber referensi:
https://muslimah.or.id/6195-hadits-berbukalah-dengan-yang-manis.html

http://manfaat.co.id/9-manfaat-pisang-bagi-kesehatan-dan-pengobatan-penyakit



19 comments:

  1. wah pisang ijo enak tuh buat buka puasa, seger ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seger, tp saya belum berani buat sendiri nih

      Delete
  2. wawww bikin ngiler tuh kolaknya,..hehe
    resepnya sangat membantu.. saya coba ntar di kos,.. buat menu buka puasa nanti,..
    thanks ya..

    ReplyDelete
  3. Ini blog Kania yg baru ya? Bakalan banyak resepnya dong nih? Asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini udah lama mbak Ade, cuman ga sering di update :)

      Delete
  4. mbk udah nyobain easy mix yaaa? aku belum nih.. paling suka sama pisang goreng, jadi pas kemarin ada tepung pisang goreng easymix seneng banget, praktis.

    ReplyDelete
  5. Saya masih menganggap kolak pisang adalah makanan terbaik, pertama saya suka pisang dan kedua saya juga suka kolak. :D
    Ada kolak pisang, libas dah..

    ReplyDelete
  6. Es pisang ijo nya seger bener, kalo gorengan nya mau tahu isi atau pastel aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu isi boleh juga nih buat ide buka puasa :)

      Delete
  7. Untuk kolek sama pisang goreng sih udah mainstream.Tapi sate pisang, saya blom pernah buat. Perlu dicoba, nih. Eh iya, pake saos strawbery enak ya? Jadinya gak asem gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba mba, digoreng dulu pake tepung goreng pisang sriboga easymix

      Delete
  8. Ya Allah, es pisang ijoe ya Allah, *lapiler* :D

    ReplyDelete
  9. Baru mau bikin pisang gorengnya :D

    ReplyDelete
  10. jangan lupa mampir tempat saya mbak...menu kolak nya ueeenak :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...