Wednesday, March 29, 2023

Menu Takjil Dari Pisang

Assalaamualaikum masih semangat kan puasanya ya, dan semangat juga menyiapkan hidangan berbuka puasa termasuk hidangan tajkil. Takjil adalah kudapan yang dimakan sesaat setelah buka puasa dan biasanya hidangan manis seperti kolak, es buha, dan sebagainya. Namun jika mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW yang dikatakan dalam hadist, berbuka puasa dengan kurma itu lebih berkah.

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita berbuka puasa selain dengan kurma juga menyediakan berbagai takjil baik yang rasanya mans maupun asin. Menu takjil dari pisang adalah salah satunya yang bisa dimasak untuk menu takjil. 

Pisang itu selain harganya terjangkau juga banyak manfaatnya. Menurut artikel di sebuah webiste kesehatan, pisang bisa menjadi sumber energi. Setelah seharian berpuasa, tentu kita butuh energi baru dan kita bisa dapatkan dari pisang. Pisang juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, mengurangi resiko penyakit ginjal, menjaga kesehatan saluran cerna, meredakan tukak lambung, dan masih banyak lagi. Makan pisang juga cepat mengenyangkan, jadi bisa dimakan untuk mereka yang sedang diet juga.


menu takjil dai pisang



Pisang bisa diolah menjadi berbagai menu takjil yang lezat, diantaranya adalah sebagai berikut.


Kolak pisang adalah menu takjil yang sudah umum di masyarakat kita. Rasanya manis dan gurih karena menggunakan gula merah dan santan sebagai perasanya. Pisang direbus dengan gula merah, santan, dan daun pandan tak boleh lupa agar menambah rasa kolak semakin kaya. 

2. Pisang goreng

Jika bosan dengan kolak pisang untuk takjil, pisang bisa dibuat menjadi gorengan. Campurkan tepung reigu, tepung beras, gula pasir, sedikit garam, vanili jika ada, dan air. Aduk bahan tepung sampai tercampur rata menggunakan whisk. Celupkan pisang pada adonan tepung dan goreng di minyak panas dengan api sedang saja sampai kecokelatan.


Menyajikan pisang bakar untuk menu takjil juga nikmat loh. Panaskan wajan dan masukkan mentega, bakar pisang di wajan, jangan lupa dibalik sampai kedua sisinya kecokelatan. Tata pisang di piring, beri saus kental manis cokelat dan taburan keju parut. 

4. Es pisang ijo

Es pisang ijo merupakan hidanga khas Makassar. Es pisang ijo juga sudah banyak dijual dijual di luar Makassar. Bahkan pada bulan Ramadan juga banyak yang menjualnya untuk hidangan takjil. Pisang rebus dibalut tepung beras berwarna hijau, disjaikan dengan saus santan, dirup cocopandan dan es batu. Rasanya manis dan segar.

5. Jus pisang strawberry

Campuran pisang dan strawberry sangat menyegarkan saat buka puasa. Haluskan pisang, strawberry, gula pasir dan es batu jika diperlukan. Susu cair atau yogurt juga bisa ditambahkan jika suka. Berbuka puasa dengan menu takjil dari pisang tak akan membosankan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...